Gubernur Arinal Ajak Kaum Perempuan Tingkatkan Semangat Dalam Membangun Daerah

KATALAMPUNG.COM - Gubernur Arinal Djunaidi didampingi Ketua TP. PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke-94 Tahun 2022 Provinsi Lampung dengan tema “Perempuan Berdaya, Lampung Berjaya, Indonesia Maju”, di Mahan Agung, Sabtu (17/12/22).

Gubernur Arinal Ajak Kaum Perempuan Tingkatkan Semangat Dalam Membangun Daerah


Mengawali sambutannya, Gubernur Arinal Djunaidi mengatakan bahwa Peringatan Hari Ibu merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi kepada perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa. Sejak Kongres Perempuan Pertama di tahun 1928, yang menjadi tonggak perjuangan perempuan Indonesia, perempuan Indonesia sudah sangat berperan dalam derap pembangunan di Indonesia.

Melalui momentum peringatan PHI Tahun 2022 ini, Gubernur Arinal mengajak kaum perempuan untuk bersama-sama meningkatkan semangat juang dalam membangun daerah Lampung sesuai dengan keahlian dan tanggung-jawabnya masing-masing sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam mengisi pembangunan yang berkelanjutan menuju “Rakyat Lampung Berjaya”.

Gubernur juga berharap kepada kaum perempuan di Provinsi Lampung, khususnya generasi milenial dalam segala aktifitasnya, agar jangan pernah melupakan makna dari perjuangan perempuan Indonesia di masa yang lalu.

"Selamat Hari Ibu ke-94 Tahun 2022, mari warnai Peringatan Hari Ibu dengan peran dan karya nyata anda semua bagi Provinsi Lampung tercinta," kata Gubernur.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal menjelaskan bahwa maksud dan tujuan Peringatan Hari Ibu ke-94 ini adalah untuk memperingati awal bangkitnya Gerakan perempuan Indonesia untuk berorganisasi secara demokratis, berkarya, berkreativitas, dan berorganisasi dalam pembangunan serta untuk memaknai kembali semangat perempuan dalam  mengambil peran dalam pembangunan.

Adapun beberapa rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Ibu ke-94 Provinsi Lampung Tahun 2022 antara lain :

Pertama, tanggal 25 November 2022 telah dilaksanakan Kegiatan Kampanye Media tentang Penyebaran Nilai Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak melalui media sosial,  online dan cetak yang diikuti oleh 53 organisasi dan media se-Provinsi Lampung.

Kedua, tanggal 2 Desember 2022 dilaksanakan Kegiatan Bakti Sosial Gerakan Siger yaitu membagikan bahan masakan dan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan secara serentak. Kegiatan ini diikuti oleh 52 organisasi perempuan dan 33 Dharma Wanita Persatuan (DWP) OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Ketiga, tanggal 5 Desember 2022 telah dilaksanakan Seminar yang menghadirkan Lula Kamal sebagai salah satu narasumber dengan tema “Wanita Berkarir, kenapa tidak?”. Seminar diikuti oleh 200 peserta secara offline dan 400 lebih peserta secara online.

Keempat, tanggal 5 Desember 2022 dilaksanakan Kegiatan Bakti Sosial Donor Darah kerjasama dengan PMI Provinsi Lampung yang berhasil mengumpulkan 206 kantong darah.

Kelima, tanggal 7 Desember 2022 dilaksanakan Kegiatan Bakti Sosial ke Lapas Perempuan Kelas II A Bandar Lampung, bekerjasama dengan OPD dan organisasi terkait. 

Keenam, tanggal 9 Desember 2022 dilaksanakan Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Provinsi Lampung, dengan peserta organisasi perempuan dan OPD terkait, dengan Inspektur Upacara Ketua Pia Ardhya Garini (AU).

Terakhir, Parade Kebaya dan Puncak Peringatan Hari Ibu (PHI) Provinsi Lampung ke-94 Tahun 2022, tanggal 17 Desember 2022. (***)

Diberdayakan oleh Blogger.