AIMI Lampung Dorong Pemerintah Daerah Serius Laksanakan Program ASI Eksklusif

BANDAR LAMPUNG - katalampung.com - Berdasarkan data Profil Kesehatan Tahun  2016 yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia hanya 22,4 % bayi mendapatkan ASI Eksklusif sampai 6 bulan. Data ini menurun jika dibandingkan dengan data Profil Kesehatan Tahun 2015 yaitu bayi yang mendapatkan ASI eksklusif sampai 6 bulan mencapai 54.9%. 

AIMI Lampung Dorong Pemerintah Daerah Serius Laksanakan Program ASI Eksklusif
Foto ilustrasi: Pelantikan AIMI Lampung oleh Ayah ASI Lampung

Terjadinya penurunan data angka ibu menyusui ini harus menjadi evaluasi Pemerintah Daerah di Provinsi Lampung untuk bersama-sama mendorong Program ASI Eksklusif dengan program Pembinaan Tenaga Kesehatan dan Pengawasan Implementasi Regulasi serta Bekerjasama dengan Berbagai Pihak.

Program Pemberian ASI Eksklusif mesti dilakukan bersama-sama oleh Pemerintah dan seluruh stakeholder. Hal ini sesuai dengan tema peringatan Pekan ASI Sedunia Tahun 2017  yang diselenggarakan setiap 1-7 Agustus dengan tema "Bekerja Bersama Untuk Keberlangsungan Menyusui" yang bertujuan untuk menekankan dukungan berbagai pihak guna mencapai kesuksesan menyusui. Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) secara nasional mengajak untuk membangun kerjasama tanpa konflik kepentingan.

"Mengapa penting untuk membangun kerjasama tanpa konflik kepentingan? Hal ini agar berbagai kegiatan yang bertujuan untuk menyukseskan program ASI Eksklusif bisa sinkron dengan tujuan dari manfaat pemberian ASI itu sendiri" Ujar Upi Fitriyanti selaku Ketua AIMI Lampung

Untuk itu Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Cabang Lampung berupaya setiap program kerjanya melibatkan Pemerintah dan Masyarakat salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan adalah AIMI Lampung Goes to Puskesmas. Kegiatan ini sebagai upaya  memberikan sosialisasi tentang manfaat ASI dan menyusui kepada Kader Posyandu dan Masyarakat sekitar Puskesmas.

Dalam rangka memperingati Pekan ASI Sedunia Tahun 2017 AIMI Lampung Goes To Puskesmas akan dilaksanakan di 3 (tiga) Puskesmas di Bandar Lampung, diantaranya Puskesmas Panjang, Puskesmas Palapa dan Puskesmas Kampung Sawah.

Tahun sebelumnya AIMI juga sukses mengadakan kegiatan serupa di 8 (delapan) Puskesmas yang tersebar di Bandar Lampung dan Kabupaten Pringsewu. Selain kegiatan tersebut AIMI juga akan menggelar Kampanye Menyusui dan KonsultASi Menyusui Gratis di Car Free Day yang akan berlangsung di bunderan Tugu Adi Pura pada tanggal 6 Agustus mendatang.

Ketua AIMI Cabang Lampung Upi Fitriyanti mengatakan bahwa, dengan kegiatan tersebut diharapkan semakin banyak masyarakat yang terinformasikan tentang manfaat ASI, sehingga akan  meningkatkan angka Ibu Menyusui.

Baca Juga: AIMI Lampung Rayakan Pekan ASI Sedunia
Diberdayakan oleh Blogger.