Pokbal Minta Pemerintah Menonaktifkan Gojek Di Lampung

BANDAR LAMPUNG – Hearing antara perwakilan Pokbal (Persatuan Ojek Bandar Lampung ) dan perwakilan Gojek Bandar Lampung dengan Komisi III DPRD Kota Bandar Lampung sedang berlangsung di Ruang Lobi DPRD Kota Bandar Lampung, Rabu (02/08/2017). 

Pokbal Minta Pemerintah Menonaktifkan Gojek Di Lampung
Foto IST. Hearing di Ruang Lobi DPRD Kota Bandar Lampung antara Pokbal dan Gojek, Rabu (02/08/2017)

Proses hearing dipimpin oleh anggota Komisi III DPRD Kota Bandar Lampung yang juga Ketua DPD Golkar Bandar Lampung, Yuhadi S.Hi. Hadir dalam acara tersebut anggota Komisi III DPRD Kota Bandar Lampung, Dari pihak Polresta Bandar Lampung, Perwakilan Pokbal, Perwakilan mitra Gojek, Perwakilan dari Oto-Jek, Perwakilan Becak dan Perwakilan Angkot.

Pada hearing tersebut salah satu perwakilan Pokbal meminta pemerintah untuk menonaktifkan Gojek di Bandar Lampung. Dijelaskannya bahwa investasi Gojek berasal dari luar negeri dan ini seperti di jajah.

Sedangkan salah seorang anggota Oto-Jek mengatakan: “ Ini (Oto-Jek, red) aplikasi ojek online kreasi orang Bandar Lampung. Setelah ada Gojek pendapatan kami turun drastis, kami minta standar tarif”.

Dari perwakilan Gojek menjelaskan bahwa negara harus melindungi hak setiap warga negara untuk mencari pendapatan yang halal dan sah menurut hukum.

Pemerintah Kota Bandar Lampung melalui Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Darat Dishub Kota Bandar Lampung, Ricardo pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa belum ada aturan dasar yang mengatur ojek pangkalan dan online.

“Untuk ojek pangkalan dan online belum ada aturan dasar yang mengatur, jadi kita ga bisa buat aturan turunannya.”ujar Ricardo

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Bandar Lampung, H. Agusman Arif mengatakan belum adanya aturan tentang tarif angkutan roda dua.

“Ada UU No. 22 Tahun 2009 tentang Angkutan Umum dan Jalan Raya, sudah ada aturannya tentang angkutan roda dua untuk mengangkut penumpang. Tapi yang belum ada aturannya itu tentang tarif.” Kata Agusman (gsi).

Baca Juga:
Diberdayakan oleh Blogger.