Sjachroedin : Pemimpin Harus Bisa Membuat Terobosan

BANDARLAMPUNG, katalampung.com - Duta Besar Indonesia untuk Kroasia, Komjen Pol.(Purn.) Sjachroedin Z.P menyampaikan kuliah umum dengan topik "Kerjasama Indonesia - Kroasia : Peluang dan Tantangan". Dalam acara tersebut, turut hadir Mantan Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza SZP, Rektor Unila Hasriadi Mat Akin beserta wakil rektor dan Dekan Fisip Unila Dr. Syarif Mahya.

Sjachroedin : Pemimpin Harus Bisa Membuat Terobosan
Foto katalampung.com - Duta Besar Indonesia Untuk Kroasia Sjachroedin saat memberikan kuliah umum di Unila, Kamis (14/09)
Sebelum memberikan kuliah umum, dilakukan penyerahan secara simbolik kepada Komjen Pol.(Purn.) Sjachroedin Z.P sebagai Dewan Pembina Universitas Lampung.

Ada beberapa hal penting yang disampaikan Komjen Pol.(Purn.) Sjachroedin Z.P. Beberapa diantaranya untuk menjadi negara maju harus memiliki mental disiplin. Ketiga hal tersebut meliputi menaati jam tugas, disiplin dalam pakaian kerja dan disiplin dalam melaksanakan tugas pokok.

Selain itu, menurutnya, perdagangan tidak lepas bisa lepas dari politik. Dalam hubungan internasional untuk itu diperlukan diplomasi oleh dubes. Diperlukan taktik dan teknik serta harus memahami hirarki dan struktur organisasi yang berlaku.

Untuk menghadapi itu semua, harus memiliki pemimpin yang bisa membuat terobosan. "Dulu waktu jadi gubernur, saya buat terobosan. Contohnya Kota Baru, ITERA dan Bandara Internasional Raden Intan," ujarnya.

Oleh sebab itu, menurut Sjachroedin, butuh keberanian dalam mengambil keputusan. Tentunya dengan mempertimbangkan beberapa faktor demi kepentingan rakyat, tidak merugikan dan tidak ada sanksi pidana. (is)
Diberdayakan oleh Blogger.