Dinas PMD Lampung Dorong Membangun Usaha Desa Bagi Desa Tertinggal

BANDARLAMPUNG, katalampung.com – Guna memanfaatkan potensi-potensi bagi desa-desa tertinggal yang belum tergali, Dinas PMD Lampung bangun komitmen bersama untuk “Membangun Usaha Desa”. Hal itu diimplementasikan dengan diadakannya Pelatihan Membangun Usaha Desa bagi Desa Tertinggal di Provinsi Lampung.

Dinas PMD Lampung Dorong Membangun Usaha Desa Bagi Desa Tertinggal


Acara yang diberi tajuk “Pelatihan Membangun Usaha Desa bagi Masyarakat di Desa Tertinggal” ini dilaksanakan di Aula Hotel Kurnia, Bandarlampung, 22-24 November 2017.

Helda Destiana, SH., MH., selaku Ketua Pelaksana, dalam sambutannya mengatakan, banyaknya hambatan di desa tertinggal, membuat potensi yang ada di desa tertinggal kurang termanfaatkan dengan baik. Salah satu hambantaanya adalah faktor SDM yang kurang memadai.

“Tujuan dari pelatihan ini yang pertama adalah agar Pemerintah Desa dapat memahami kebijakan pemerintah terkait pembangunan desa. Kedua, Pemerintah Desa dapat memahami dan mengidentifikasi permasalahan di desa,” ujar Helda.

Tujuan lainnya kata Helda, Pemerintah Desa dapat menggali potensi yang ada di Desa. “Dapat mengenali ragam jenis usaha, dan agar Pemerintah Desa dapat mengembangkan BUMDes secara maksimal,” tambahnya.

Menurutnya, sasaran dari pelatihan kali ini adalah 26 Sekretaris Desa dari desa tertinggal yang telah mendapatkan program Gerbang Desa Saburai.

Dilaporkan Oleh: Guntur Siswanto

Editor: Guntur Subing
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.