Pemerintah Provinsi Lampung Lakukan Percepatan Pembangunan Desa

BANDARLAMPUNG, katalampung.com – Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) terus berkoordinasi guna melakukan percepatan pembangunan desa di Lampung.

 
Pemerintah Provinsi Lampung Lakukan Percepatan Pembangunan Desa
Foto: Kadis PMD Provinsi Lampung, Yuda Setiawan, saat memberikan sambutan

Kali ini giliran Dinas PMD Provinsi Lampung melakukan koordinasi dengan seluruh Dinas PMD se-Provinsi Lampung dan Bappeda se-Provinsi Lampung. Rapat Koordinasi itu dilaksanakan di Hotel Kurnia, Bandarlampung, selama dua hari yaitu 28-29 November 2017.

Baca Juga: Perlunya Sinkronisasi antara Birokrasi dan Pendamping Desa 

Syifa Aini S.Sos, MM, dalam laporannya sebagai Ketua Pelaksanaka Kegiatan menjelaskan, tujuan dari rapat koordinasi ini untuk membangun sinergisitas pembangunan desa dan membangun kesamaan gerak pembangunan.

Menurutnya, rapat koordinasi kali ini akan melibatkan BPS dan Koordinator Gerbang Desa Saburai sebagai pemateri.

Disisi lain, Yuda Setiawan, selaku Kepala Dinas PMD Provinsi Lampung mengatakan, tahun ini adalah tahun ke-3 implementasi Undang-undang Desa. Banyak tantangan dan permasalahan Dana Desa. Tidak hanya di Provinsi Lampung, tetapi di seluruh provinsi di Indonesia.

“Kita sudah membentuk Satgas Dana Desa dan sudah mulai turun ke lapangan. Sudah banyak masukan yang diberikan,” ujar Yuda.

Baca Juga: Sukses Gerbang Saburai, Gubernur Ridho Perkenalkan Gerbang Pelana 

Di penghujung tahun ini, kata Yuda, akan dilaksanakan Program Inovasi Desa. “Sudah dua kabupaten yang melaksanakan Bursa Inovasi Desa, yaitu Lampung Timur dan Pringsewu. Harapannya kabupaten lain bisa segera menyusul. Karena dengan program ini harapannya penggunaan Dana Desa bisa lebih variatif,” imbuh Yuda.

Terakhir, Yuda menegaskan, jelang gelaran pesta Demokrasi di Lampung, pemerintah harus menghibahkan 700-800 Miliar.

Baca Juga: Agrobisnis dan Agroindustri Dominasi Produk Unggulan UMKM Lampung 

“Meski demikian Pemerintah Provinsi Lampung akan tetap konsisten membangun desa di Lampung. Tahun ini sudah 250 desa yang mendapatkan bantuan Gerbang Desa Saburai. Tahun depan, lokus pembangunan desa tetap di tambah menjadi 393 desa di tahun 2018,” tutup Yuda, yang dilanjutkan dengan membuka acara Rakor.

Dilaporkan Oleh: Guntur Siswanto
Editor: Guntur Subing
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.