FEB Unila Gelar Pendidikan Profesi Lanjutan Standar Akuntabilitas Publik (ETAP) untuk entitas Mikro Kecil dan Menengah (EMKM)

BANDARLAMPUNG, katalampung.com - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung menggelar Pendidikan Profesi Lanjutan Standar Akuntabilitas Publik  di gedung E FEB Unila, Selasa, 5 Desember 2017.


FEB Unila  Gelar Pendidikan Profesi Lanjutan Standar Akuntabilitas Publik (ETAP) untuk entitas Mikro Kecil dan Menengah (EMKM)


Pelatihan yang diadakan rutin setiap semestar ini bertujuan untuk mensosialisaikan penerapan Standar Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (ETAP) pada Entitas Mikro Kecil Dan Menengah (EMKM) kepada para akademisi di Bandarlampung.

“Pendidikan Profesi Lanjutan SAK ETAP  atau Entitas tanpa akuntabilitas publik ini untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jadi, untuk entitas mikro kecil dan menengah ada standar khusus, lebih spesifiknya standar  akuntansi, jadi banyak yang belum tahu, dengan kegiatan ini merupakan  salah satu bentuk sosialisasinya,” terang Nunik Dewi, S.E. M.S.C., selaku Panitia Kegiatan.

Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) dimaksudkan untuk digunakan oleh Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (ETAP), yaitu entitas yang tidak memiliki akuntabilitas publik signifikan, dan menerbitkan laporan keuangan untuk tujuan umum (general purpose financial statement) bagi pengguna eksternal.

Contoh, pengguna eksternal adalah pemilik yang tidak terlibat langsung dalam pengelolaan usaha, kreditur, dan lembaga pemeringkat kredit.

SAK ETAP bertujuan untuk menciptakan fleksibilitas dalam penerapannya dan diharapkan memberi kemudahan akses ETAP kepada pendanaan dari perbankan.

SAK ETAP merupakan SAK yang berdiri sendiri dan tidak mengacu pada SAK Umum, sebagian besar menggunakan konsep biaya historis; mengatur transaksi yang dilakukan oleh ETAP; bentuk pengaturan yang lebih sederhana dalam hal perlakuan akuntansi dan relatif tidak berubah selama beberapa tahun.

Hadir sebagai pembicara, dosen dari Universitas Gadjah Mada yang juga aktif di Ikatan akuntan Indonesia  Prof. Dr. Slamet Sugiri,M.B.A., Ak., C.M.A. Peserta kegiatan dihadiri oleh dosen-dosen dari berbagai universitas di Bandarlampung.

Dilaporkan Oleh: Fadilah Hasan
Editor: Guntur Subing
Diberdayakan oleh Blogger.