Total 622 Jutaan Rupiah Dana Desa Untuk Pembangunan Desa Labuhan Ratu IX

LAMPUNG TIMUR, Kepala Desa Labuhan Ratu IX, Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, H. Sakriyono menata dan membangun desa dengan menggunakan anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2017. Dana yang dianggarkan melalui anggaran APBN Pusat melalui Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur.


Total 622 Jutaan Rupiah Dana Desa Untuk Pembangunan Desa Labuhan Ratu Baru IX


Sakriyono mengatakan, kegiatan pembangunan yang dilaksanakan secara partisipasif diawasi oleh Ketua Badan Pengawasan Desa ( BPD) ,  dan masyarakat.

“Pengawas dari tenaga tekhnik ahli (TA) dari Kabupaten, pendamping desa, PD dari Kecamatan eja wulansari dan pendamping lokal desa(PLD) dan juga babinkamtibmas yang bertugas dipolsek labuhanratu yang selalu turun langsung ke desa untuk mengawasi program kegiatan desa kami,” paparnya.

Sakriyono menjelaskan, ada pun bentuk kegiatan pembangunan yang menggunakan anggaran DD tahun 2017, yang dilaksanakan sesuai dengan tugas dan pungsinya ( tupoksi ) oleh TIM pelaksanaan kegiatan (TPK).

“Pelaksanaan  pembangunan di Desa Labuhan Ratu lX bidang pembangunan desa dengan total RP.622.821.000., membuat jalan lapen ditambah dengan membangun saluran drainase dan Tembok penahan Tanah (TPT) dengan jumlah total untuk Badan Usaha Milik Desa ( BUMdes ) dan pemberdayaan guru paud. Rp =98.600.000.,sebagai kordinator Dana Desa ( DD ) untuk membuat SPJ Sekertaris desa yatno,” jelasnya.

Dalam melaksanakan kegiatan pembangunan yang ada didesa tersebut, tim pelaksanaan kegiatan tpk sujatno, untuk membuat jalan lapen, TPT, saluran drainase. semua tenaga kerja tukang yang mengerjakan bangunan tersebut diatas, adalah masyarakat desa setempat, dan selalu didampingi oleh pendamping lokal desa (PLD) hendra yang selalu turun  langsung ke desa untuk mengawasi program kegiatan pembangunan Dana Desa DD tersebut sehingga dapat dikerjakan hingga selesai dengan baik.

Kades juga menegaskan kepada Tim Pelaksana Kegiatan (TPK)  supaya bekerja sesuai dengan aturan UU dan rencana RAB, serta gambar yang sudah dibuat oleh desa.

Total 622 Jutaan Rupiah Dana Desa Untuk Pembangunan Desa Labuhan Ratu Baru IX

“Sehingga mutu dan kwalitas bangunannya jadi baik,dan juga semua bangunan yang dibuat oleh masyarakat desa, yang menggunakan anggaran  DD, dengan pencairan tahap 60% tersebut sudah sesuai kata tim monitoring yang dari dinas pemberdayaan masyarakat dan desa,dari dinas PU, dan tim tenaga Tim ahli (TA) dari kabupaten Lampung Timur. Sekarang ini kami sudah menyelesaikan pekerjan dana desa tahun 2017,” jelasnya.

Untuk pencairan tahap ke dua 40 % pelaksanaan fisik sudah selesai semuanya dan bentuk pekerjaan fisik di antaranya pembuatan lapen ,gorong gorong dan TPT nya sudah selesai 100 persen,” imbuhnya.

PLD pun menambahkan "Jadi kami hanya tinggal tunggu jadwal monitoring tahap kedua dari dinas Pemberdayan Masyarakat dan desa ( PMD ) dan Dinas pekerjan Umum ( PU ) dan tenaga Ahli ( TA ) dari kabupaten lampung timur.setelah tim dari kabupaten turun memeriksa baik administrasi dan fisiknya seperti dalam menggunakan Dana Desa 2017 dari Kemendes tingkat Nasional pungkas hendra selaku PLD labuhan ratu lX.
Diberdayakan oleh Blogger.