4 Karyawan Alfamart Bobol Toko Tempat Mereka Bekerja

BANDARLAMPUNG, katalampung.com - Tekab 308 Satreskrim Polresta Bandar Lampung dan Unit Reskrim Polsek Tanjung Karang Timur (TKT) meringkus empat tersangka pembobol Alfamart Jalan Soekarno Hatta Kecamatan TKT dari lokasi berbeda pada Selasa, 2 Januari 2017. 

4 Karyawan Alfamart Bobol Toko Tempat Mereka Bekerja
Foto: Suasana Ekspose, Sumber: Halo Polda Lampung
Keempat tersangka yang diringkus ternyata orang dalam, alias karyawan Alfamart itu sendiri. Identitas tersangka yakni Sugi (27, kepala toko), Deno Setiyo MR (21, wakil kepala toko), Imam Fahmi (23, karyawan toko) dan Budiman (29, karyawan toko).

Ekspose kasus pencurian dengan pemberatan itu dipimpin Kasatreskrim Polresta Bandar Lampung Kompol Harto Agung C yang didampingi Kapolsek TKT Kompol Fanny Indrawan di Mapolresta, Kamis 4 Januari 2018.

Hasil olah TKP yang tidak sesuai dan insting anggota menjadi penguak kasus curat Alfamart Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Tanjung Karang Timur (TKT), Bandarlampung.

"Usai terima laporan pencurian tersebut pada Selasa pagi, unit Reskrim Polsek TKT dan Tekab 308 Polresta Bandar Lampung menindaklanjuti dengan turun ke lokasi kejadian. Keanehan ditemukan karena tidak ada kerusakan pada bagian kunci atau pintu sebagai tanda sudah dibobol maling, " kata Kasatreskrim Polresta Bandar Lampung Kompol Harto Agung C saat ekspos pengungkapan kasus itu di Mapolresta, Kamis 4 Januari 2018. 

4 Karyawan Alfamart Bobol Toko Tempat Mereka Bekerja

Keanehan tersebut dikembangkan dengan memeriksa pembuat laporan yakni Sugi (27, kepala toko) dan Deno Setiyo MR (21, wakil kepala toko). Saat pemeriksaan, kecurigaan anggota justru semakin menguat. Terutama melihat gestur tubuh kedua pelapor dan kronologis rampok versi mereka.

"Saat diperiksa, keduanya sambil merokok Lucky Strike yang notabene merupakan salah satu item barang yang dicuri. Ditanya detailnya, gestur badan mereka makin mencurigakan. Akhirnya dipancing buat buka jok motor mereka, ditemukan beberapa bungkus rokok serupa. Itu bukan hal yang lazim. Nah, tak lama Kapolsek TKT yang ikut turun langsung menggeledah tempat tinggal pelapor, menemukan berbagai produk dagangan Alfamart yang sebelumnya dilaporkan dirampok, " lanjut Harto yang didampingi Kapolsek TKT Kompol Fanny Indrawan.

Akhirnya pelapor naik status jadi tersangka, setelah disimpulkan Alfamart itu dibobol karyawannya sendiri dengan tersangka Sugi sebagai dalangnya. Rekan mereka, Imam Fahmi (23, karyawan toko) dan Budiman (29, karyawan toko), menyusul dijemput Unit Reskrim Polsek TKT dan Tekab 308 Polresta Bandarlampung.

Tersangka Deno Setiyo MR (21, Wakil Kepala Toko) mewakili para tersangka curat Alfamart Jalan Soekarno Hatta Kecamatan Tanjung Karang Timur (TKT) menyampaikan kronologis berbeda dari penyelidikan polisi.

Dia berulang kali menyampaikan bahwa pembobolan Alfamart tersebut benar terjadi, Selasa, 2 Januari 2018, sekitar pukul 05.30 WIB. Saat hendak membuka toko ternyata gembok dan rantai gerbang dan pintu toko sudah raib. Sudah minta tolong warga sekitar untuk ditemani masuk kedalam toko tapi ditolak warga dengan alasan khawatir maling masih didalam toko.

Sesaat kemudian akhirnya mereka berani masuk. Di dalam mereka temukan server CCTV, tablet, ponsel dan beberapa slot rokok hilang. Diantara barang itu, ternyata tablet tidak masuk daftar inventaris yang diasuransikan.

Sesuai aturan perusahaan, harus diganti rugi oleh karyawan. Para tersangka keberatan dengan alasan gaji mereka yang kecil tidak sanggup mengganti tablet yang hilang. Akhirnya, mereka ambil berbagai barang seperti susu, rokok dan bola lampu LED yang rencananya akan dijual dan hasilnya untuk mengganti tablet yang hilang.  

"Setelah dikembangkan, diketahui para tersangka terlebih dahulu merusak dan menghilangkan server CCTV supaya leluasa bergerak menguras isi Alfamart. Lalu hasil curian disimpan ke salah satu kostan tersangka. Kemudian, tersangka Sugi dan Deno menuju Polsek TKT untuk membuat laporan Alfamart tempat mereka kerja dibobol, " kata Kapolsek TKT Kompol Fanny Indrawan.

Selain tersangka, diamankan juga BB satu karung plastik berisi puluhan bola lampu LED dan parfum berbagai merk dan ukuran, satu kantong plastik merah besar berisi puluhan bungkus dan slop rokok berbagai merk, serta satu kardus besar berisi puluhan kaleng susu bubuk berbagai merk dan ukuran.

4 Karyawan Alfamart Bobol Toko Tempat Mereka Bekerja

Tersangka Sugi (27, Kepala toko, pakai baju tahanan bernomor 5) dan Deno Setiyo MR (21, Wakil Kepala toko, pakai baju tahanan bernomor 9) menitipkan pesan permintaan maaf kepada manajemen Alfamart tempat mereka bekerja. Tersangka Sugi bahkan sampai menangis dan mohon bantuan kepada beberapa nama yang disebutnya sebagai Pimpinan dari Alfamart.

Bersama tersangka Imam Fahmi (23) dan Budiman (29),  mereka menyebutkan mengambil barang-barang dari Alfamart tempat mereka bekerja 'untuk mengganti' tablet yang dimaling pencuri sebelumnya (curat versi tersangka - red).

Berusaha mengaburkan jejak, para tersangka memasukkan barang yang mereka ambil sebagai 'bagian' dari pembobolan yang dilakukan perampok sebelumnya. Ide tersebut diakui mereka sebagai hasil rembukan bersama karena dalam situasi panik mengetahui fakta harus mengganti tablet yang hilang. Saking paniknya, berakibat pada barang yang mereka ambil justru melebihi anggaran untuk menggantikan tablet yang hilang itu.(@hpl_insta)
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.