Presiden Jokowi: Tol Dibangun Untuk Percepat Proses Logistik Antar Pulau

LAMPUNG SELATAN, katalampung.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan salah satu ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yakni ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Segmen SS Pelabuhan Bakauheni-SS Bakauheni dan Segmen SS Lematang-SS Kota Baru, Minggu, 21 Januari 2018. Tol ini merupakan tol pertama yang akan beroperasi di Provinsi Lampung.

Presiden Jokowi: Tol Dibangun Untuk Percepat Proses Logistik Antar Pulau

Panjang ruas tol yang diresmikan sekitar 14 km dari total panjang 140 km. Dengan rincian ruas tol seksi 1 dari Pelabuhan Bakauheni ke Simpang Bakauheni sepanjang 8,9 km, dan seksi 2 dari Lematang ke Kota Baru sepanjang 5,64 km.

Baca Juga: Diresmikan Presiden Jokowi Dan Gubernur M.Ridho Ficardo, Kini Lampung Punya Jalan Tol 

Presiden Jokowi mengatakan, tol yang masuk dalam proyek strategis nasional ini dibangun untuk mempercepat proses logistik antar pulau yang sekaligus dapat menekan biaya pengiriman. Jokowi menegaskan akan terus menggenjot pembangunan infrastruktur agar tidak ketinggalan dengan negara-negara lain.

Secara keseluruhan progres konstruksi proyek tol Bakauheni-Terbanggi Besar sudah mencapai 65%. Dari aspek pengadaan tanah sudah mencapai 95,02%.

Presiden Jokowi optimis bahwa proyek ini dapat rampung hingga bulan Juni 2018. Tol ini sudah dapat digunakan oleh masyarakat dengan tarif tol sebesar 800 rupiah per kilometernya. Jika dikalkulasikan untuk seksi satu biaya yang dikeluarkan sebesar Rp7000, untuk seksi 2 biaya yang dikeluarkan sekitar Rp4.500.



Jalan tol ini juga diyakini oleh Pemerintah dapat mengurangi waktu tempuh masyarakat yang biasa menggunakan jalan pada umumnya sekitar 5-6 jam. Presiden Jokowi meresmikan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar pukul 09.00 WIB, bersama-sama dengan Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo. (dde)
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.