Jika Pilgub Lampung Dilaksanakan Hari Ini, Ridho-Bachtiar Menang

BANDARLAMPUNG, KATALAMPUNG.COM - Survey Charta Politika Indonesia menyebutkan jika pemilihan Gubernur Lampung dilakukan hari ini, maka Calon Gubernur Nomor Urut 1  Muhammad Ridho Ficardo akan menang. Hal ini terbukti dari suvery yang dilakukan lembaga tersebut dengan persentase tertinggi yang dimiliki Ridho.



Jika Pilgub Lampung Dilaksanakan Hari Ini, Ridho-Bachtiar Menang


Pertanyaan yang diajukan Charta Politika bersifat terbuka dan pilihan masyarakat tertinggi jatuh kepada M. Ridho Ficardo (27.1%). Lalu diikuti Herman HN(20.1%) dan Mustafa (10.4%). Pada urutan berikutnya adalah Arinal Djunaidi (7.4%).

Baca Juga: Survei Charta Politika: Elektabilitas Ridho-Bakhtiar Paling Tinggi

Hasil survey Charta perihal keterpilihan Muhammad Ridho Ficardo tersebut didukung oleh survey popularitas dan kesukaan masyarakat. Ridho terbukti paling populer dibanding calon gubernur lain, dengan persentase 93,3%.

Mayoritas masyarakat menyatakan menyukai nama yang mereka nyatakan kenal, terutama Ridho Ficardo. Popularitas kandidat lain, seperti Herman HN (83.3%), Arinal Djunaidi (80.5%), dan Mustafa (80.5%).

Sementara untuk tingkat elektabilitas calon wakil gubernur, Bachtiar Basri memiliki persentase tertinggi 21.4%, disusul Sutono (18.0%) dan Chusnunia Halim (9.6%). Pada urutan berikutnya adalah Ahmad Jajuli (8.9%).

Ekspose hasil survey Lembaga Survey Charta Politika Indonesia dilakukan dilakukan di Hotel Horizon, Bandar Lampung, Selasa (20/3/2018).

Adapun metode survey, sampel dipilih secara acak (probability sampling) denganmenggunakan metoda penarikan sampel acak bertingkat (multistage random sampling), dengan memperhatikan urban/rural dan proporsi antara jumlahsampel dengan jumlah penduduk di setiap Kabupaten. Jumlah sampel sebanyak 800 responden, dengan margin of error + 3.46% pada tingkat kepercayaan 95%.

Baca Juga: Charta Politika: Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Ridho-Bachtiar Lebih dari 70% 

Survey ini memiliki unit sampling primer survei (PSU) desa/kelurahan dengan jumlah sampel masing-masing 10 orang di 80 desa/kelurahan yang tersebar di Provinsi Lampung. Quality control dilakukan terhadap hasil wawancara, yang dipilih secara random sebesar 20% dari total sampel. Dalam quality control tidak ditemukan adanya kesalahan berarti. (rls/dde)
Diberdayakan oleh Blogger.