Kominfo Ajak Perangi Hoaks

KATALAMPUNGHoax atau Hoaks telah menjadi perhatian serius pemerintah. Bagaimana tidak, hoaks yang merajalela saat ini justru berjalan beriringan dengan kemajuan teknologi.


Kominfo Ajak Perangi Hoaks
Staf Ahli Menteri Bidang Hukum Henri Subiakto menyerahkan secara simbolik Al Quran, Buku Literasi Digital dan sembako kepada Pimpinan Yayasan Pesantren Nurul Huda Surabaya, Senin (21/05/2018) - (Helmi) Sumber Foto: Kominfo


Untuk itu, Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Hukum Henri Subiakto mengatakan, hoaks atau berita fitnah sama seperti surat kaleng namun berbentuk digital.

"Kami mewakili Kementerian Kominfo mengimbau kepada siapa saja untuk menangani atau menghadapi hoaks. Jangan mudah percaya pada hoaks atau berita fitnah,” ujar Henri dalam Bakti Sosial Safari Ramadhan di Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Surabaya, Senin, 21 Mei 2018.

Sebagaimana dilansir dari laman Kominfo, Henri Subiakto memaparkan seperti apa ciri-ciri hoaks.

"Cirinya adalah informasi  yang membuat kita cemas berlebihan. Hoaks juga bikin kita membenci yang berbeda. Apalagi jika ada kata-kata viralkan atau sebarkan kalau tidak masuk neraka. Itu pasti hoaks!," urainya. 

Henri mengajak masyarakat Indonesia untuk tidak membicarakan keburukan dan menyebarkan hoaks dan konten negative lainnya termasuk di dalamnya tentang radikalisme.

"Hampir 70 persen di WA kita yang bicara mengenai keburukan kelompok lain dan sekarang begitu banyak. Gus Mus itu mengatakan kalau dulu sing waras ngalah, kalau sekarang sing waras ojo ngalah. Kita jangan diam saja, jika di media sosial ada yang menjelekkan orang lain. Kita ingatkan mereka," katanya.

Menurutnya, Kementerian Kominfo ikut bertanggung jawab karena konten radikalisme banyak yang tersebar melalui internet.

"Ada di FB, instagram atau media sosial lainnya. Perlu diketahui teknologi informasi itu sumber pengetahuan dan pengajaran, jika ada yang ada yang memanfaatkan untuk kebutuhan negatif ya perlu diingatkan," tandasnya.(kmi/dde)
Diberdayakan oleh Blogger.