Jelang Pemilihan, Panwascam Sukadana Gelar Bimtek Pengawas TPS

KATALAMPUNG.COM - Jelang pemilihan umum Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Lampung pada 27 Juni mendatang, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sukadana menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kecamatan Sukadana. Bimtek dihadiri oleh 118 pengawas TPS yang telah dilantik pada 03 Juni yang lalu.


Jelang Pemilihan, Panwascam Sukadana Gelar Bimtek Pengawas TPS


Ketua Panwaslu Kecamatan Sukadana Purnama Hidayah menerangkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas PTPS.

"Agar mereka paham tentang tugas wewenang serta hak dan kewajibannya ketika berada di TPS, kemudian bagaimana cara mereka menangani sebuah pelanggaran yang terjadi di TPS," kata Purnama di Gedung Pertanian Sukadana Ilir, Rabu (13/06/2018).

Melalui pelatihan tersebut, Purnama berharap agar nantinya para peserta bisa bekerja dengan baik dan cermat. "Tentunya berpijak kepada ketentuan peraturan perundang-undangan, amanah, jujur dan adil," harapnya.

Purnama juga menyampaikan, ada beberapa titik yang akan menjadi fokus pada pemilukada mendatang.Di antaranya, mengawasi kegiatan pemungutan suara dan yang kedua mengawasi kegiatan penghitungan suara yang mencakup mencermati akurasi Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Pindahan (DPPh), serta integritas dan profesionalitas petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), mengawasi politik uang baik di masa tenang maupun di hari pencoblosan.

"Saya berharap, semoga pesta demokrasi ini tidak dicederai oleh pihak-pihak yang ingin mengganggu pestaporanya rakyat. Sehingga pesta demokrasi bisa berjalan dengan aman damai dan sukses sesuai harapan kita semua," tutupnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Panwaskab Lampung Timur Lailatul Khoiriyah bahwasanya pengawas TPS juga berhak ikut membantu PPL pengawasan pada hari tenang.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Panwaskab Lampung Timur Lailatul Khoiriyah, Ketua Panwascam Sukadana Purnama Hidayah, Kanit Intel Polsek Sukadana Samiun, Komisioner Divisi Penindakan Arif Setiawan, Komisioner Divisi SDMO Jiman dan Pengawas Pemilu Lapangan setempat.(Jhoni)
Diberdayakan oleh Blogger.