Menteri Pariwisata Apresiasi Keberhasilan Program Wisata Gubernur Ridho

KATALAMPUNG.COM - Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya mengacungi dua jempol terhadap komitmen Gubernur Muhammad Ridho Ficardo dan Jajaran Pemerintah Provinsi Lampung yang menjadikan pariwisata sebagai 3 Portofolio Industri Utama Provinsi Lampung, selain pertanian dan manufacturing. Menpar juga memuji event Pariwisata Lampung meningkat dari 31 Event menjadi 53 Event.


Menteri Pariwisata Apresiasi Keberhasilan Program Wisata Gubernur Ridho


"Even di Lampung Masuk Top 100 Event terbaik  nasional. Total Wisman Provinsi Lampung dari 150 ribu. Angka ini naik menjadi 250 Ribu atau naik sebesar 80 persen. Selain itu, pertumbuhan kunjungan wisata Lampung juga tertinggi nasional mengalahkan Pulau Bali," ujar Manpar Arief Yahya, saat me-lauching Lampung Krakatau Festival (LKF) 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Terkait dengan keberhasilan itu, Gubernur Muhammad Ridho Ficardo mengatakan LKF 2018 menjadi salah satu unggulan Lampung yang diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisata.

LKF tahun ini memiliki serangkaian kegiatan mulai dari Pelaksanaan Lampung Bay Fun Run pada tanggal 19 Agustus 2018, Seminar Internasional Krakatau bekerjasama dengan Institut Teknologi Sumatera  23-35 Agustus 2018, Trip Krakatau (pada 25 Agustus 2018). Trip ini merupakan perjalanan wisata bersejarah untuk mengenang meletusnya Gunung Krakatau pada tahun 26 Agustus 1883.

Lalu, Pesona Kemilau Sai Bumi Ruwa Jurai (25 Agustus 2018), dan puncak acara berupa Parade budaya “Lampung Culture dan Tapis Carnival” pada hari Minggu tanggal 26 Agustus 2018, serta masih banyak rangkaian acara lainnya.
Menurut Gubernur, hanya membutuhkan waktu tempuh 25 menit dengan pesawat udara dari Jakarta menuju Lampung. Hal tersebut sebagai sebuah peluang yang sangat menjanjikan bila konektivitas Provinsi Lampung semakin diperluas.

"Peningkatan status Bandara Raden Intan II menjadi bandara internasional yang merupakan pintu Gerbang Utama masuknya wisatawan ke Provinsi Lampung, menjadi sangat urgent untuk dilakukan. Dengan mendorong Pemerintah Pusat serta memberikan stimulan melalui APBD Provinsi Lampung hingga lebih dari Rp400 miliar. Kami berharap peningkatan status Bandara lnternasional akan segera terealisasi. Untuk itu kaml mengharapkan dorongan dari Bapak Menteri Pariwisata RI, Bapak Arief Yahya, agar Bandara Radin Inten II dapat segera menjadi Bandara Internasional  penting untuk mendongkrak  20 juta kunjungan wisatawan ke Lampung," ujar Ridho.

Menpar Arief Yahya mengapresiasi peluncuran Lampung Krakatau Festival 2018. Festival ini sangat tepat untuk memperkuat posisi Lampung sebagai destinasi wisata unggulan di ujung Pulau Jawa dan Sumatera. Nama Krakatau sendiri sudah dikenal ke seluruh dunia dengan peristiwa meletusnya gunung berapi terdahsyat di dunia. Terkait apresiasi Menpar ini Ridho mengatakan, Event LKF bagus, layak untuk dijual. Total ada lima event di dalamnya. Calendar of Event di Lampung berjumlah saat ini adalah 53.

“Melalui kesempatan yang baik ini, Kami sangat berharap, kepada Menteri Pariwisata dan jajarannya, insan pers, travell blogger, penggiat wisata, dan wisatawan agar dapat hadir dan memeriahkan Lampung Krakatau Festival 2018," kata Ridho.(H-Prov)
Diberdayakan oleh Blogger.