GASPOOL Rangkul ACT, MRI dan PMI Lampung Beri Pelatihan Pertolongan Pertama Bagi Ojek Online

KATALAMPUNG.COM - Sekitar 30 anggota Unit Reaksi Cepat (URC) Gabungan Admin Shelter Pengemudi Ojek Online Lampung (GASPOOL) dipersiapkan untuk mengikuti Pelatihan Pertolongan Pertama (PP). Kegiatan ini merupakan kerjasama antara GASPOOL, ACT Lampung, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dan PMI Provinsi Lampung.


GASPOOL Rangkul ACT, MRI dan PMI Lampung Beri Pelatihan Pertolongan Pertama Bagi Ojek Online


Acara itu akan dilaksanakan di Kantor Nuola Food Bandar Lampung (Samping SMA Negeri 16 Bandar Lampung) Sabtu, 01 September 2018.

Miftahul Huda selaku Ketua GASPOOL mengatakan kegiatan ini akan sangat berguna bagi komunitasnya. Apalagi melihat situasi di lapangan, Unit Reaksi Cepat (URC) sangat membutuhkan keterampilan dalam penanganan pertolongan pertama.

“Acara ini tentu bermanfaat sekali. Karena kenyatannya saat ini dengan banyaknya pengemudi Ojek Online maka merekalah yang seringkali menjadi ujung tombak penanganan lakalantas dan bahkan kejahatan di jalanan,” kata Iif, sapaan akrab Miftahul Huda.

Ia menambahkan, dengan pelatihan ini diharapkan para pengemudi ojek online terutama yang bergabung di Unit Reaksi Cepat (URC) GASPOOL mempunyai ilmu P3K sehingga tidak salah dalam menangani masalah kecelakaan.

“Karena jika penanganan pertama salah, bisa menyebabkan fatal pada korban,” kata dia.

Untuk kedepan, kata Iif, ia berharap pihak kepolisian bisa menggandeng Ojek Online untuk permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat. Pihaknya juga siap untuk membantu kepolisian dalam menjalankan tugas-tugasnya.

“Bukan hanya mitra yang ditolong tapi juga masyarakat umum. Karena kemanusiaan dan jiwa sosial tak memandang batasan seragam, atribut atau golongan,” ujar Iif.

Sementara materi yang akan diberikan kepada para peserta meliputi Kepalangmerahan, Dasar-dasar Pertolongan Pertama, Cidera Jaringan Lunak, Bantuan Hidup Dasar dan Resusitasi Jantung Paru serta Cidera Alat Gerak, Pemindahan Peserta dan Evakuasi. (gsu)
Diberdayakan oleh Blogger.