Lomba Pidato Bahasa Lampung Tingkat SMP, Lengkapi Bulan Gemar Membaca 2018


KATALAMPUNG.COM - Dalam Rangka Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca 2018, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung menggelar Lomba Pidato Bahasa Lampung Tingkat SMP se-Provinsi Lampung.


Lomba Pidato Bahasa Lampung Tingkat SMP, Lengkapi Bulan Gemar Membaca 2018


"Bahasa Lampung saat ini mulai terkikis dengan bahasa modern dan teknologi/gadget yang saat ini berkembang di masyarakat. Dengan acara ini diharapkan bahasa Lampung menjadi tuan rumah di daerah sendiri. Bahasa Lampung memiliki dua bahasa daerah pepadun dan saibatin. Kita harus mempertahankan budaya Bahasa Lampung,” ujar Kadis Perpustakaan Herlina Warganegara, SE., MM., saat mewakili Gubernur Lampung di aula BPAD Provinsi Lampung, Selasa, (18/9/2018),.

Herlina mencontohkan Bali, Bandung, Tanggerang, dan Sumatra Selatan yang dapat menerapkan budaya daerah dan bahasa dalam kehidupan mereka sehari-hari. Menariknya, daerah-daerah itu dapat memadukan bahasa daerah mereka dengan pariwisatanya.

"Gubernur Lampung M. Ridho Fichardo sangat mengapresiasi dengan gelaran acara Lomba Pidato Bahasa Lampung tingkat SMP ini. Kita pertahankan bahasa daerah dalam kehidupan sehari hari," Ujar Herlina

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perpustakaan Daerah berharap bahwa Bahasa Lampung menjadi bahasa sehari-hari di masyarakat. Dengan kata lain, Bahasa Lampung menjadi bahasa komunikasi dalam mempererat keberagaman budaya dan suku yang ada di Provinsi Lampung saat ini.

“Dari tingkat SMP ini kita akan meningkatkan ke tingkat SMA, supaya minat masyarakat melestarikan Budaya Bahasa Daerah Lampung sejak dini," imbuhnya.

Lomba pidato ini diikuti oleh 12 peserta dari kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. Tampil sebagai Juara I Muzirwan dari SMPN 1 Pesisisr Barat, Juara II Syifa Zarathustra dan Juara 3 Wina Okva Alsadela asal SMPN 1 Sukau Lampung Barat.(***)
Diberdayakan oleh Blogger.