Pemerintah Targetkan Pertumbuhan Ekonomi 2019 Sebesar 5,3%

KATALAMPUNG.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2019 diperkirakan sebesar 5,3%. Target tersebut diharapkan memberikan sinyal positif bagi para pelaku usaha di tengah gejolak perekonomian yang tidak menentu.


Pemerintah Targetkan Pertumbuhan Ekonomi 2019 Sebesar 5,3%
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjawab pertanyaan wartawan di Gedung Nusantara II, Komplek DPR-MPR, Jakarta, Selasa (04/09).


Hal ini disampaikan Menkeu pada rapat paripurna DPR tentang Jawaban Pemerintah atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPR-RI terhadap RUU APBN 2019 beserta Nota Keuangannya di Gedung Nusantara II, Komplek DPR-MPR, Jakarta, Selasa (04/09).

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2019 diperkirakan sebesar 5,3 persen. Asumsi tersebut cukup realistis dan optimis. Pemerintah memandang perlu untuk memberikan sinyal optimisme kepada pelaku usaha di saat perekonomian dunia menunjukkan gejolak yang lebih besar,” kata Sri Mulyani sebagaimana dilansir dari laman Kementerian Keuangan RI.

Penetapan asumsi pertumbuhan ekonomi tahun 2019 tersebut didasarkan pada perhitungan konsumsi rumah tangga, stabilitas harga bahan pokok, konsumsi Pemerintah dan kemudahan investasi serta peningkatan ekspor.

Selain itu, konsumsi pemerintah diproyeksikan tumbuh 5,4 persen dengan anggaran belaja yang semakin efisien dan produktif serta mendukung program prioritas pembangunan. Diharapkan pula, investasi dan ekspor tahun 2019 akan menjadi faktor pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.(Kemenkeu)
Diberdayakan oleh Blogger.