Pringsewu Kandidat Kuat Peraih Penghargaan STBM Berkelanjutan


PRINGSEWU - Tim Kementerian Kesehatan RI dan Bappenas RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pringsewu. Kedatangan tim tersebut dalam rangka verifikasi  untuk kemungkinan Pringsewu sebagai kandidat peraih penghargaan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Berkelanjutan.


Pringsewu Kandidat Kuat Peraih Penghargaan STBM Berkelanjutan


Seusai diterima oleh Wakil Bupati Pringsewu Dr.Hi.Fauzi didampingi jajaran Dinas Kesehatan setempat, Jumat (28/9), Ketua Tim yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Pengamanan Radiasi Direktorat Jenderal Kesehatan Lingkungan pada Kementerian Kesehatan RI, Kristin, mengatakan dipilihnya Pringsewu sebagai kandidat peraih penghargaan tersebut, dikarenakan keberhasilan Kabupaten Pringsewu yang sudah menjadi Kabupaten ODF 100%.

“Juga karena ada inovasi berkelanjutan dan komitmen dari pimpinan daerah yang sangat tinggi, dengan dukungan jajaran dibawahnya, serta pelibatan secara aktif berbagai instansi lainnya, ormas, termasuk tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk melanjutkan pencapaian ODF Kabupaten Pringsewu secara berkelanjutan, sehingga dapat merubah perilaku masyarakat menjadi lebih sehat dan lingkungan juga menjadi bersih,” katanya.

Selain itu, seluruh instansi  beserta masyarakat juga mempunyai komitmen yang sama untuk  melaksanakan 4 pilar STBM lainnya.

Terkait hal tersebut, pihaknya turun ke Kabupaten Pringsewu guna melakukan verifikasi, baik di tingkat pimpinan daerah, maupun OPD, serta melihat secara riil pencapaian di tingkat masyarakat serta melakukan testimoni.

Termasuk inovasi dari BUMDes yang mendukung kegiatan tersebut.

Pelibatan TNI-Polri di Kabupaten Pringsewu dalam masalah ODF, menurut Kristin,  juga merupakan salah satu bentuk inovasi di Kabupaten Pringsewu.(Nga)
Diberdayakan oleh Blogger.