Cara Menjadi Sales Mobil Profesional dan Sukses

KATALAMPUNG.COM – Sukses menjadi sales mobil adalah idalam setiap orang. Apalagi bagi para sales pemula, angan-angan menjadi sales mobil yang profesional dan sukses adalah dambaan. Bagi mereka yang memfokuskan diri menjadi sales mobil tentu dihadapi dengan persoalan target. Mencapai target adalah indikator dari suksesnya seorang sales.


Cara Menjadi Sales Mobil Profesional dan Sukses


Namun, persaingan saat ini menunjukkan bagaimana seorang sales harus berhadap-hadapan dengan banyaknya rekan kerja yang bergerak di profesi yang sama. Bukan hanya dari perusahaan yang sama, tetapi juga dari perusahaan pesaing.

Baca Juga: Cara Menjadi Credit Marketing Head (CMH) Sukses

Mengatasi permasalahan tersebut tim katalampung.com, mencoba mencari solusi mengatasinya. Dengan mewawancarai dan mengumpulkan beberapa literatur, tim katalampung.com berhasil merangkum beberapa tips cara sukses menjadi sales mobil.

Tak bisa dipungkiri, kebutuhan akan sales mobil yang mumpuni merupakan dampak dari industri otomotif yang seksi di era digital saat ini. Mudahnya mendapatkan kendaraan dan tingginya konsumsi di sektor otomotif menjadi faktor utama, betapa menggiurkan bisnis ini.

Persaingan antar produsen otomotif juga tak ketinggalan, bagaimana gerakan mereka begitu cepat dalam menciptakan varian-varian baru dalam memanjakan konsumen.

Toyota dan Daihatsu dapat dikatakan sebagai rajanya mobil MPV dengan produk Avanza dan Xenia. Tak mau ketinggalan Honda mengeluarkan Mobilio, Suzuki dengan Ertiga dan terbaru adalah Mitsubishi dengan Expander.

Kesuksesan beragam merk itu juga sebagai dampak dari suksesnya sales-sales mereka yang mampu menjual produknya. Sales adalah tulang punggung yang bergerak di bawah dan didukung oleh kampanye besar-besaran.

Lalu, bagaimana cara menjadi sales mobil yang sukses? Pertanyaan ini selalu diajukan mereka yang baru memulai menjadi sales. Tapi tak menutup kemungkinan pula mereka yang telah lama, tetapi tak juga kunjung target.

Untuk memberikan jalan bagi mereka yang disebutkan di atas, berikut beberapa tips menjadi sales mobil yang sukses:

Rajin membaca dan mendengar

Seorang sales biasanya identik dengan banyak bicara, tetapi ketahuilah, banyak bicara tanpa isinya maka akan sia-sia belaka. Rajin membaca dan mendengar disini adalah membaca dan mendengar untuk menguasai produk yang akan dijual.

Menjadi sales akan sia-sia, jika tak memahami apa produk yang akan dijual. Oleh sebab itu rajin-rajinlah membaca dan mendengar dari mereka yang expert di bidangnya.

Membaca tentang suatu produk, misalnya mobil expander. Seorang sales sebelum menjelaskan kepada konsumen harus memahami apa itu expander. Apa saja kelebihannya? Bentuk body, lampu, mesin, ban, aksesoris dalam, fungsi-fungsi tombol kendaraan dan sisi yang tidak dimiliki oleh produk pesaing. Untuk mengetahuinya, tentu saja harus membaca dan mendengarkan.

Jadi jangan remehkan, booklet-booklet yang telah disediakan oleh perusahaan. Disamping untuk memudahkan secara visual bagi konsumen, booklet-booklet itu juga berfungsi untuk memberikan pemahaman kepada anda. Anda akan dipermalukan oleh konsumen anda sendiri jika tak memahami dari sisi terkecil sampai dengan sisi terbesar produk yang akan anda jual.

Belajar mempersentasikan produk

Setelah anda banyak membaca dan mendengar, kini saatnyalah anda untuk belajar mempresentasikan suatu produk. Anda tidak akan tahu suatu produk dan tidak akan mampu mempresentasikan suatu produk jika tidak memahami apa yang akan dibicarakan, kuasailah maka anda akan mudah untuk membicarakannya.

Sebelum menghadapi konsumen yang sebenarnya, belajarlah mempresentasikan hal ini bersama-sama dengan tim anda. Luangkan waktu untuk menunjukkan bawa anda memang benar-benar paham apa produk yang akan anda jual.

Rajin bertemu dengan orang-orang sukses

Orang yang sukses berkumpul bukan sekedar basa basi, namun mereka memiliki kebiasaan mendiskusikan ide, mengeluarkan gagasan dan meraih peluang. Bertemu dengan mereka, sama saja belajar untuk menjadi sukses juga.

Bertemu dan berkenalan dengan mereka adalah salah satu cara membangun networking (jaringan kerja). Dari orang-orang ini juga, seorang sales sukses akan ikut menjadi sukses.

Baca Juga: Tips Menjadi CMO (Credit Marketing Officer) Sukses

Menurut Raja Bambang Sutikno dalam The Power of Empathy dikatakan, semakin banyak dan baik interaksi anda, semakin banyak dan kuat pula dukungan yang anda peroleh untuk kesuksesan. Secara naluriah, manusia adalah mahluk sosial, tetapi tidak dilahirkan dengan bekal keterampilan berinteraksi secara baik dan benar. Keterampilan itu harus dikaji dan diasah. Orang-orang sukses biasanya juga senang berkisah tentang perjuangan serta pengorbanan, sehingga berhasil meraih kemapanan dalam karir. Ambil sari ceritanya untuk pengembangan diri Anda.

Demikianlah tips sukses menjadi sales mobil. Pada artikel ini, sengaja kami sajikan dengan tidak menampilkan hal-hal yang teknis apa yang seharusnya dilakukan. Tetapi melalui artikel cara sukses menjadi sales mobil ini kami menampilkan dari sisi pengetahuan secara global yang harus dilakukan. Anda dapat mengembangkannya melalui hal-hal teknis sesuai dengan kondisi di lapangan yang anda hadapi.(tim/kl)
Diberdayakan oleh Blogger.