Survei BI: Penjualan Eceran Juli 2018 Meningkat

KATALAMPUNG.COM - Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia mengindikasikan penjualan eceran tumbuh meningkat pada Juli 2018. Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) yang tercatat sebesar 2,9% (yoy) pada Juli 2018, meningkat dibandingkan dengan 2,3% (yoy) pada Juni 2018.


Survei BI: Penjualan Eceran Juli 2018 Meningkat
Pertumbuhan Indeks Penjualan Riil (%). Sumber: Bank Indonesia


Berdasarkan kelompok komoditas, meningkatnya penjualan eceran terutama didorong kinerja penjualan kelompok komoditas Sandang dan kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor.

Berdasarkan publikasi Bank Indonesia, pada Senin (10/9), kelompok Sandang tercatat tumbuh 13,0% (yoy), lebih tinggi dibanding -11,2% (yoy) pada bulan Juni 2018. Sedangkan kelompk Bahan Bakar Kendaraan Bermotor tumbuh sebesar 15,4%(yoy), lebih tinggi dibanding pertumbuhan bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 10,7%(yoy).

Penjualan eceran diprakirakan tetap tumbuh stabil pada Agustus 2018. Hal itu tercemin dari IPR yang diprakirakan tumbuh sebesar 2,8% (yoy), relatif stabil dibandingkan dengan 2,9% (yoy) pada Juli 2018. Pertumbuhan tersebut ditopang oleh penjualan pada kelompok sandang, perlengkapan rumah tangga lainnya, serta barang budaya dan rekreasi.

Pertumbuhan tertinggi diperkirakan terjadi pada kelompok komoditas Sandang yang tumbuh 21,6%(yoy), meningkat dibandingkan bulan Juli 2018. Peningkatan pada bulan Agustus 2018 diperkirakan juga didukung oleh penjualan kelompok Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya dan kelompok Barang Budaya dan Rekreasi yang masing-masing diperkirakan tumbuh 8,0%(yoy) dan 7,6%(yoy), meningkat dari 5,3%(yoy) dan 5,6%(yoy) pada Juli 2018.

Secara regional, penjualan eceran tertinggi pada bulan 2018 terutama terjadi di wilayah Surabaya dan Banjarmasin, masing-masing tumbuh sebesar 55,4%(yoy) dan 4,2%(yoy). Berdasarkan rincian kelompok komoditas, peningkatan penjualan di wilayah Surabaya dan Banjarmasin terutama terjadi pada kelompok Barang Budaya dan Rekreasi khususnya subkelompok alat tulis sejalan dengan periode musim ajaran tahun baru.

Survei BI: Penjualan Eceran Juli 2018 Meningkat
Pertumbuhan IPR Agustus 2018* Secara Regional (%, yoy). Sumber: Bank Indonesia


Namun demikian, pada Agustus 2018 diperkirakan terjadi penurunan penjualan eceran pada sebagian besar wilayah cakupan survei sejalan dengan perlambatan pertumbuhan IPR Nasional pada periode laporan.

Penurunan penjualan eceran tertinggi diperkirakan terjadi di Denpasar (-21,4%;yoy) dan Bandung (-14,2%;yoy). Responden menyampaikan perlambatan penjualan dipicu oleh normalisasi permintaan barang dan jasa khususnya pada produk kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau.

Hasil survei mengindikasikan peningkatan tekanan harga di tingkat pedagang eceran dalam tiga bulan mendatang (Oktober 2018). Indikasi tersebut tercermin dari kenaikan Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang akan datang menjadi sebesar 140,2 dibandingkan dengan 135,8 pada bulan sebelumnya.(bi/dde)
Diberdayakan oleh Blogger.