Wakil Bupati Pringsewu, Pesawaran dan Tanggamus Survey Jalur Akses Bandara dan Exit Tol Pringsewu


KATALAMPUNG.COM - Pemerintah Kabupaten Pringsewu, Pesawaran dan Tanggamus melakukan kerjasama pengembangan wilayah pada jalur Exit Tol Pringsewu atau jalur Bandara Radin lnten ll - Pringsewu.


Wakil Bupati Pringsewu, Pesawaran dan Tanggamus Survey Jalur Akses Bandara dan Exit Tol Pringsewu


Terkait kerjasama tersebut, Wakil Bupati Pringsewu dan Wakil Bupati Pesawaran serta Pj Bupati Tanggamus diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Tanggamus, serta dari Dinas Bina Marga Provinsi Lampung dan muspida Pringsewu-Tanggamus melakukan pertemuan pendahuluan serta  survey langsung di lapangan. 

Survey tersebut dimulai dari Exit Tol Pringsewu di Wong Coco, Natar, menyusuri areal PTPN VII Rejosari, hingga Negerikaton dan berakhir di Tugu Gajah, Pringsewu, Selasa (18/9).

Turut menghadiri kegiatan tersebut, Kadis PU dan Perumahan Rakyat Kabupaten Pringsewu Andi Purwanto, Kepala Bappeda Pringsewu Relawan, Sekretaris DPRD Pringsewu Budi Heryanto, Kadis Perhubungan Pringsewu Hendrid, Kadis Komunikasi dan Informatika Pringsewu Kuddus Heriyanto, Perwira Seksi Teritorial Kodim 0424/TGM Kapten Inf. Adi Hartono, serta dari Kepolisian Resor Tanggamus, dan Kepala Bappeda Kabupaten Tanggamus.

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mengatakan pertemuan tersebut merupakan pertemuan awal dari rencana kerjasama antarwilayah dalam rangka bersama-sama membangun dan mengembangkan wilayah sempadan antara Kabupaten Pringsewu, Pesawaran, Tanggamus.

"Mungkin nantinya Pesisir Barat, juga kita libatkan terkait dibangunnya jalur jalan Bandara Radin lnten ll - Exit Tol Pringsewu ini. Karena bagaimanapun hal tersebut memerlukan koordinasi serta dukungan kerjasama yang sinergis dengan kabupaten lainnya," ujar Fauzi.

"Tadi sudah sama-sama kita telusuri. Ini adalah akses jalan menuju Tol JTTS juga Bandara. Nanti masyarakat Pringsewu, Pesawaran dan Tanggamus yang akan menuju Bakauheni, bisa langsung mengakses jalan ini yang terhubung langsung ke pintu tol. Dengan selesainya pembangunan jalan dari Pringsewu menuju Exit Tol ini dapat memangkas jarak tempuh serta  menghemat waktu," tambahnya. 

Sementara itu, Wakil Bupati Pesawaran Eriawan mengatakan pihaknya sangat mendukung rencana dibukanya akses Pringsewu-Bandara Radin Intan ll-Exit Tolini.

Terlebih, kata Eriawan, akses tersebut juga menguntungkan bagi Kabupaten Pesawaran, karena bakal melewati wilayah Kabupaten Pesawaran.

Dipaparkan Eriawan, wilayahnya memiliki banyak tempat wisata, termasuk sentra industri tapis Negerikaton yang lokasinya juga berada di lintasan Pringsewu-Bandara Radin Inten ll.

"Bagaimana wisatawan mau mengunjungi sentra tapis Negerikaton jika jalannya buruk dan susah dilewati. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Pesawaran sangat mendukung dibangunnya jalur jalan Pringsewu-Bandara Radin Inten ll melalui Negerikaton, Pesawaran ini. Nanti semuanya akan saya sampaikan kepada bapak Bupati Pesawaran," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Wabup Pesawaran, saat ini jika hendak menuju Bandara, masyarakat harus memutar melalui Pesawaran, Bandar Lampung dan Lampung Selatan.

"Jika jalan ini sudah selesai menurut hasil survey tadi akan ada penghematan, karena hanya berjarak 20 km saja dari Pringsewu menuju Exit Tol di Wong Coco, Natar, dengan waktu tempuh 20 hingga 30 menit saja. Jika melalui Bandar Lampung membutuhkan waktu 1,5 hingga 2 jam. Ini juga dapat mengurangi kepadatan dan kemacetan di Kemiling dan Gedongtataan. Dengan kerjasama yang baik antarbeberapa kabupaten yang didukung oleh provinsi, ini dampaknya sangat luar biasa bagi kemajuan dan perkembangan perekonomian masyarakat," katanya.

Plt Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Tanggamus FB Karjiono mewakili Pj Bupati Tanggamus  juga menyampaikan dukungannya atas pembangunan Exit Tol Pringsewu menuju Bandara Radin lnten ll, karena juga akan berdampak pada konektivitas antarwilayah, yakni masyarakat Tanggamus nantinya juga akan menikmati atas dibukanya akses jalan Pringsewu-Bandara Radin Inten ll, sebab tidak perlu lagi memutar melalui Kota Bandar Lampung. (nga)
Diberdayakan oleh Blogger.