Akibat Longsor, Rumah Warga Ketapang Rusak Berat


KATALAMPUNG.COM - Satu Rumah Warga di Kampung Garuntang RT 02/02 Kelurahan Ketapang Kecamatan Panjang Kota Bandarlampung, rusak berat akibat longsor yang melanda setelah hujan lebat. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini.


Akibat Longsor, Rumah Warga Ketapang Rusak Berat


Pemilik rumah atas nama Juleha (38) mengatakan peristiwa longsor itu terjadi pada Senin malam (29/10/2018) pukul 21.00 WIB. Dirinya pada saat itu sedang berada di dalam rumah bersama anak-anaknya.

"Abis hujan sekitar jam 19.00 WIB, orang lagi ngumpul di dalam rumah semua, terus ada suara kresek-kresek dan akhirnya longsor kenceng banget," kata Juleha.

Saat kejadian, Juleha mengatakan hanya bisa menyelamatkan televisi dan pakaiannya sendiri. Menurutnya tidak ada korban jiwa akibat longsor ini.

"Enggak ada (korban) lagi kosong kamar saya dan dapur ga ada orang sama sekali," jelasnya.

“Suami saya sedang bekerja ke luar kota saat kejadian ini, yang ada saya dan anak-anak aja,” tambah Juleha.

Sementara Kepala Lingkungan 02 Syaipudin mengatakan, kejadian ini sudah pernah terjadi sebelumnya pada tahun 2016 di tempat lain, namun masih di RT 02/02. Ia menjelaskan peristiwa itu terjadi karena posisi rumah Juleha berada di bawah tebing.

"Ini udah dua kali, lokasi berbeda, penyebabnya tanah di tebing terkena hujan dan longsor. Kalau longsornya karena tidak diturap, setelah longsor baru dibetulin," kata Syaipudin lagi.

Ia menjelaskan bahwa untuk sementara RT dan warga bergotong royong membersihkan tanah yang menimpa rumah Juleha tersebut, "Ini masih untung juga ga ada korban jiwa," ujarnya lagi.

Menanggapi hal ini lurah Ketapang Dodi mengatakan, kejadian ini merupakan bencana kondisi alam menjelang musim hujan, sehingga  rawan akan longsor. “Untuk itu saya mengimbau agar warga masyarakat selalu waspada jelang musim hujan ini," imbaunya.

Menurut Dodi, semua kejadian ini sudah dilaporkan kepada Pak Camat.(cholik)
Diberdayakan oleh Blogger.