Danrem 043/Gatam Hadiri Pembukaan TMMD di Pekon Argopeni Tanggamus


KATALAMPUNG.COM - Komandan Korem 043/Garuda Hitam Kolonel Kav Erwin Djatniko, S.Sos, Senin (15/10) menghadiri upacara pembukaan TMMD ke 103 Kodim 0424/Tanggamus TA 2018 di lapangan Sailing Pekon Argopeni Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus.


Danrem 043/Gatam Hadiri Pembukaan TMMD di Pekon Argopeni Tanggamus


Dengan mengangkat tema "Melalui TMMD 103 TNI Manunggal Rakyat dalam mewujudkan Desa yang maju sejahtera dan Demokratis " pembukaan ini dihadiri lebih dari 700 orang tamu undangan. Tampil sebagai Inspektur Upacara Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani dan Komandan Upacara Kapten Inf Redi Kurniawan. 

Dalam amanatnya Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani SE.MM., mengatakan, sasaran TMMD Ke-103, adalah daerah strategis namun memerlukan peningkatan pembangunan sarana prasarana sehingga dapat mendukung pelaksanakan aktifitas sehari-hari.

Menurutnya, Kabupaten Tanggamus merupakan kabupaten penghubung antara Kabupaten Tanggamus menuju Pringsewu dan Kabupaten Tanggamus menuju Pesisir Barat, atau sebaliknya yang memiliki nilai strategis baik dari aspek ekonomi dan pertanian.

“Tujuan dibentuknya badan jalan sampai dengan ounderlagh untuk meningkatkan perekonomian terutama pada sektor perkebunan, perdagangan dan pariwisata sekaligus meningkatkan kelancaran akses jalan dari pekon ke pekon. Serta untuk mewujudkan pemerataan pembangunan yang dibiayai oleh APBD Kabupaten Tanggamus melalui dana swakelola sebesar Rp 1 miliar. Dana swakelola tersebut dibagi menjadi 2 (dua) yaitu Kegiatan Fisik dan Non Fisik. Kegiatan Fisik sebesar Rp.799.585.000,” kata Dewi.

Ia menambahkan, TMMD sebagai salah satu wujud Operasi Bakti TNI yang merupakan program terpadu, lintas sektoral antara TNI-Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah Serta Komponen bangsa lainnya, dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal/miskin, terisolas terpencil.

“TMMD Pada dasarnya adalah sebagai bentuk partisipasi TNI dalam pembangunan di daerah yang berdaya guna bagi kepentingan Pembangunan, peningkatan kesejahteraan maupun Pertahanan dan Keamanan Negara,” jelasnya.

Bupati menilai, kondisi sosial Kecamatan Sumberejo umumnya bermata pencaharian petani ladang dan tegalan. Di samping sebagai penghasil pertanian, sayur-sayuran juga sebagai penghasil kopi, lada, cokat, pala dan bunga-bungaan.

“Sehingga, daerah ini membutuhkan pengarahan dan sistem pengolahan yang baik. Penduduk di pekon sasaran TMMD Ke-103 selama ini relatif aman. Keberadaan Babinsa secara umum dapat diterima dengan baik oleh masyarakat setempat dan mempunyai pengaruh yang sangat positif,” tutup Bupati.

Turut menghadiri acara pembukaan TMMD ke 103 TA 2018 Kodim 0424/Tanggamus, Wakil Bupati Tanggamus H. AM Syafi'i,S.Ag, Para Dandim/Kasdim Jajaran Korem 043/Gatam, Kapolres Tanggamus AKBP I Made, Para Kaban/Kadis Pemkab Tanggamus, Para Camat se-Kabupaten Tanggamus.

Usai melaksanakan upacara pembukaan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi TMMD dan penanaman pohon secara simbolis oleh para pejabat Pemkab Tanggamus, TNI dan Polri.(rls/dde)
Diberdayakan oleh Blogger.