Ilham Mendrofa: PISPI Lampung Konsen Dalam Modernisasi Alat Pertanian

KATALAMPUNG.COM – Ketua BPW PISPI Lampung Ilham Mendrofa mengatakan, PISPI Lampung akan konsen dalam hal modernisasi pertanian. Menurutnya, sudah tidak mungkin lagi mengerjakan pengelolaan lahan dengan manual dan konvensional, sudah saatnya dikampanyekan modernisasi penggunaan alat-alat pertanian secara massif.


Ilham Mendrofa: PISPI Lampung Konsen Dalam Modernisasi Alat Pertanian


"Jadi konsen kita adalah moderisasi pertanian. Sudah saatnya kita memikirkan bagaimana terjadinya konsolidasi lahan, sehingga pengelolaan lahan yang efesien itu tidak bisa lagi dilakukan hanya luasan di bawah 2 hektar," kata Ilham kepada para awak media usai pelantikan BPW PISPI Lampung di Balai Keratun Pemprov Lampung, Sabtu, 27 Oktober 2018.

Ilham menambahkan, persoalan lainnya yang menjadi perhatian dari PISPI Lampung adalah seperti sarana air.

“Kita tahu bahwa air menjadi problem penting kita, sekarang kebetulan Lampung dapat projek nasional pembangunan irigasi, tetapi tidak berhenti sekedar mengalirkan air di sektor saluran primer. Tapi bagaimana air ini kemudian terdistribusi merata sampai lahan-lahan tersier," ucapnya.

Menurutnya, yang paling penting saat ini adalah membangun akses petani terhadap pasar, sehingga petani mendapatkan informasi harga yang baik. Selain itu juga kemampuan petani dalam menyimpan produk saat panen raya.


Baca Juga: PISPI Lampung Diharapkan Tidak “Gagap Teknologi”

“Menyimpan produk saat panen sangat penting. Saat harga turun terjadi pada panen raya maka mereka harus difasilitasi dengan alat mesin pengering dengan kadar air di bawah 13%. Agar mereka bisa menyimpan hasil panennya sehingga bisa menunggu harga yang lebih baik," tutupnya.(cholik)
Diberdayakan oleh Blogger.