Kemenkeu Luncurkan SDGs Indonesia One

KATALAMPUNG.COMKementerian Keuangan (Kemenkeu) RI meluncurkan SDGs (Sustainable Development Goals) Indonesia One. SDGs Indonesia One merupakan platform kerja sama pendanaan yang terintegrasi untuk mendukung pembangunan infrastruktur yang beriorientasi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Kemenkeu Luncurkan SDGs Indonesia One
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mendukung program Blended Finance Initiativesaat meluncurkan Sustainable Development Goals (SDG) Indonesia One di gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (05/10). Sumber: Kemenkeu

Peluncuran SDGs Indonesia One dilakukan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan dihadiri oleh sejumlah menteri dan duta besar, Jum’at, 5 Oktober 2018.

SDGs Indonesia One merupakan pendanaan yang terintegerasi dan berasal dari beragam sumber. Menurut keterangan pers Kemenkeu, sumber pendanaan berasal dari privat, filantropis, lembaga donor, lembaga keuangan multilateral dan bilateral, perbankan, asuransi, dan investor.

Dalam hal ini, Pemerintah melalui Kemenkeu telah memberi mandat kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), Badan Usaha Milik Negara di bawah Kemenkeu, untuk membentuk sekaligus mengelola platform tersebut.

Selain Peluncuran SDGs Indonesia One, pada kesempatan tersebut, dilakukan pula penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dan Letter of Intent (LoI) oleh para mitra, termasuk di dalamnya filantropis, lembaga donor, lembaga keuangan multilateral dan bilateral, perbankan, asuransi, dan investor.

Tercatat besar dukungan telah mencapai lebih dari USD2,3 miliar (sekitar Rp34,5 triliun) yang diharapkan akan terus bertambah. Sosialisasi dan kelanjutan platform ini akan dilakukan juga pada kegiatan Annual Meeting IMF-WBG 2018 di Bali.

Menkeu menyatakan bahwa Pemerintah terus berusaha mencari cara dalam mengurangi kesenjangan kebutuhan pendanaan untuk pembangunan yang berorientasi terhadap SDGs. Oleh karena itu, Pemerintah membentuk platform kerja sama dalam pendanaan yang terintegrasi untuk mendukung pencapaian SDGs di Indonesia.

Sementara, Direktur Utama PT SMI, Emma Sri Martini menjelaskan bahwa SDG Indonesia One akan mentransformasikan kebutuhan menjadi kesempatan bagi banyak pemangku kepentingan untuk berpartisipasi dalam berbagai proyek infrastruktur di Indonesia dengan mengkombinasikan berbagai instrumen yang tepat.

PT SMI percaya bahwa hal ini akan menghasilkan eksekusi penyediaan infrastruktur yang semakin baik, sehingga dapat mendorong pembangunan yang inklusif serta meningkatkan kualitas sosial-ekonomi-lingkungan dengan mengedepankan tata kelola yang baik.(kmk/dde)
Diberdayakan oleh Blogger.