Pasar Wedana, Pasar Digital dan Ajang Kreatifitas Pemuda Desa Pasar Sukadana

KATALAMPUNG.COM – Pasar Wedana merupakan Pasar Digital dan tempat kreatifitas para pemuda Desa Pasar Sukadana, Lampung Timur. Pasar ini merupakan binaan keempat dari Generasi Pesona Indonesai (GenPI) Lampung. GenPI sendiri merupakan wadah kreatifitas pemuda yang berada di bawah Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia.


Pasar Wedana, Pasar Digital dan Ajang Kreatifitas Pemuda Desa Pasar Sukadana


Atas diluncurkannya Pasar Wedana pada Sabtu, 27 Oktober 2018, mewakili Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, Zaiful Bokhari selaku Wakil Bupati mengapresiasi kepada para pemuda Desa Pasar Sukadana yang bekerja sama dengan Genpi Lampung untuk mengembangkan Pasar Digital Pasar Wedana. 

"Saya mengajak semua elemen, untuk bahu membahu, terus memajukan daerah, salah satunya Sukadana. Insya Allah ke depan akan lebih baik,” kata Zaiful.


Pasar Wedana, Pasar Digital dan Ajang Kreatifitas Pemuda Desa Pasar Sukadana


Menurutnya, Pemerintah Daerah akan mensuport kegiatan-kegiatan yang bersifat membangun, salah satunya dengan terbentuknya Pasar Digital Pasar Wedana. “Saya harapkan Pasar ini akan ramai pengunjung, serta hiburan bagi masyarakat Desa Pasar Sukadana," imbuhnya.

Sementara itu, Dely Sultoni Sanjaya selaku Kepala Desa Pasar Sukadana mengungkapkan komitmennya untuk terus membangun kreatifitas pemuda Desa Pasar sukadana, salah satunya dengan dibuatnya Pasar Digital Pasar Wedana Desa Pasar Sukadana ini. 

"Saya berterimakasih kepada semua pihak yang telah bahu membahu hingga terlaksananya launching Pasar Wedana ini. Terutama para pemuda yang tergabung dalam karang Taruna GEMPARS, yang diketuai David Suwandi Pratama, S.IP," ungkapnya. 

Hadir pula dalam acara tersebut, perwakilan kementrian Pariwisata Gungsri, Ketua Tim Penggerak PKK Lamtim Ernawati Bukori, Ketua Genpi Lampung Dito Novrizal, Staff Ahli Bupati Lampung Timur Nursyamsu, Camat Sukadana Mursid, dan Kepala Desa Pasar Sukadana, Delly Sulthoni Sanjaya.



Sebelumnya, dilansir dari laman GenPI disebutkan bahwa GenPI Lampung telah memiliki tiga destinasi digital. Ketiganya adalah Pasar Tahura, Pasar 1000 Batoe dan Pasar Malam Minggu (Pasmami).

Pasar Yoso Mulyo Pelangi akan diluncurkan pada 28 Oktober mendatang. Sementara peluncuran Pasar Wedana pada 27 Oktober.

Ketua Umum GenPI Lampung Dito Dwi Novrizal mengatakan, launching kedua Destinasi Digital ini merupakan bagian dari percepatan pariwisata.

“Ini merupakan kebijakan pengembangan pariwisata nasional untuk mendukung target 20 juta wisatawan mancanegara tahun 2019. Salah satunya melalui Program Destinasi Digital,” ungkap Dito.

Pasar Wedana, Pasar Digital dan Ajang Kreatifitas Pemuda Desa Pasar Sukadana

Dito menuturkan, agenda launching Pasar Yoso Mulyo Pelangi dan Pasar Wedana ini cukup padat. Untuk hiburan, masyarakat sekitar lokasi tetap dilibatkan. Sebab, salah satu misi pasar tersebut adalah untuk memberdayakan masyarakat setempat.

“Harapannya, ada keuntungan ekonomi yang mereka dapatkan dari aktivitas pasar ini,” kata Dito.

Dito berharap dengan hadirnya dua Destinasi Digital baru ini juga  bisa menjadi pendorong percepatan usaha kreatif.

“Generasi milineal akan memiliki wadah untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di desanya,” tutupnya.




Sementara itu, Juragan Pasar Wedana Reza Mukti mengatakan, berbagai atraksi seru memeriahkan Launching Pasar Wedana. “Ada Tarian Lampung, Pencak Silat, Tambur, Beatbox, Akustik, dan Pepaccur,” ungkap Reza.

Ada juga 20 stan kuliner tradisional yang memanjakan lidah pengunjung Pasar Wedana serta ada spot-spot foto yang Instagramble.

Dari pantauan tim katalampung.com di lokasi pada Sabtu malam (27/10) suasana Pasar Wedana sangat meriah. Banyak pengunjung yang hadir, terutama kaum milenial. Jajanan yang dipasarkan pun ludes terjual.(jhoni) 
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.