Inovasi Desa, Kecamatan Banyumas Pringsewu Kembangkan Shared Value Chain

KATALAMPUNG.COM - Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu, berkomitmen untuk mengembangkan pendekatan shared value chain dalam pengembangan inovasi desanya.


Inovasi Desa, Kecamatan Banyumas Pringsewu Kembangkan Shared Value Chain


Demikian disampaikan oleh Rizal Mustofa dan Tim Inovasi Kecamatan Banyumas dalam program-program inovasi desa yang akan dilakukan di Pekon Nusawungu, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu, dalam acara Replikasi Inovasi Desa, Senin (26/11).

Sebagai agenda Replikasi Inovasi Desa di Kecamatan Banyumas, adalah pengembangan Bank Sampah, yang disinergikan dengan Bumdes yang menjalankan usaha simpan pinjam.

Menurut Rizal, dengan pendekatan yang disampaikan oleh narasumber, Bank Sampah yang akan didirikan mampu membantu tingkat likuiditas usaha simpan pinjam yang sudah dijalankan oleh Bumdes yang ada.

Tidak bisa bayar cicilan, bisa dibayar dengan sampah, ujarnya.

Sementara itu, Ketua P2KS (Pusat Pengembangan Kewirausahaan Sosial) Muslimin, yang didapuk sebagai narasumber pada kegiatan tersebut menyampaikan, Shared Value Chain (SVC) pada prinsipnya adalah pengembangan dari strategi Value Chain yang biasanya dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan profit margin optimum.

“SVC sendiri berbeda, karena prinsip dasarnya adalah kolaborasi antarpelaku bisnis dan nonbisnis, sedangkan VC murni entitas bisnis. Jadi ada perubahan, dan arah SVC saat ini, menjadi trend secara internasional, karena sesuai dengan prinsip-prinsip SDGs yang menjadi agenda pembangunan dunia internasional. Jadi prinsipnya adalah kolaborasi, bukan kompetisi, ucap Akademisi FEB Unila ini.

Secara lebih luas, Ia mendorong peserta acara Inovasi Desa untuk berkolaborasi dengan para pihak yang bekepentingan terhadap desa serta melibatkannya untuk menggali potensi desa yang ada.

Menariknya, unit-unit bisnis yang dikembangkan melalui Bumdes, bukan untuk berkompetisi dengan para pelaku usaha UMKM yang ada di Desa, maupun bersaing antarsesama Bumdes, tapi bekerja sama untuk saling membesarkan.(fdl)
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.