MIP FISIP Unila Gelar Seminar Nasional Mewujudkan Pemilu 2019 Berkualitas


KATALAMPUNG.COM - Magister Ilmu Pemerintahan (S2) FISIP Universitas Lampung bekerjasama dengan KPU RI menyelenggarakan Seminar Nasional Pemilu 2019 dengan tema “Mewujudkan Pemilu 2019 berkualitas ; Antara Realitas Politik dan Harapan Publik”, di Lantai 2 Gedung Rektorat Unila, Bandar Lampung, Kamis, 1 November 2018.


MIP FISIP Unila Gelar Seminar Nasional Mewujudkan Pemilu 2019 Berkualitas


Hadir sebagai narasumber utama seminar ini adalah Prof Dr Ramlan Surbakti (Guru Besar Ilmu Politik Universitas Airlangga), Drs Herranto PhD (Ketua Magister Ilmu Pemerintahan Fisip Unila), dan Dr Nur Hidayat Sarbini (Dosen Fisip Universitas Diponegoro, Mantan Ketua Bawaslu RI)

Acara dibuka oleh Rektor Universitas Lampung yang diwakili oleh Wakil Rektor 3 Unila Prof Dr. Karomani, M.Si., dan Dekan Fisip Unila Dr Syarief Makhya. M.Si.

Dalam sambutan resminya. Prof Dr Karomani M.Si mengatakan Unila saat ini adalah ranking 21 terbaik dari 4000 Perguruan Tinggi di Indonesia. Ia juga menegaskan banyak sumbangan pemikiran ahli-ahli politik dan pemilu di Unila untuk menciptakan pemilu yang lebih baik di 2019 mendatang.

“Catatan yg paling penting adalah apakah demokrasi kita bisa menjamin kesejahteraan masyarakat, khususny di Indonesia?,” ujar Karomani.

Sementara itu, Dr Syarief Makhya dalam sambutannya mendukung kegiatan seminar ini sebagai tanggung jawab civitas akademika Fisip Unila untuk menciptakan pemilu yang lebih berkualitas.

Dalam pemaparannya Prof Dr Ramlan Surbakti dalam ulasannya menjelaskan tentang 8 indikator pemilu yang baik. Dimulai dari asas pemilu jujur, adil, transparan,  kualitas penyelenggara, serta kualitas DPT dan pemilih.

Drs Hertanto PhD menjelaskan tentang pelaksanaan pemilu di Lampung, baik pileg 2014, pilkada dan pilgub Lampung, termasuk tantangan dan peluang untuk pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019.

Dr Nur Hidayat dalam paparannya menjelaskan tentang tantangan Bawaslu dalam pemilu 2019 ke depan sebagai pembuktian akan wewenang Bawaslu yang diperluas.

Seminar Nasional diikuti oleh kurang lebih 200 peserta, terdiri dari komisioner KPU dan Bawaslu Prov Lampung beserta KPU dan Bawaslu Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung, Para Penggiat Demokrasi, Dosen, Mahasiswa S1 dan S2, Partai Politik di Lampung dan civil society.

Acara juga dihadiri oleh anggota KPU RI  Hasyim Ashari . P.hD dan Kepala Biro Sekretariatan KPU RI Dr Lucky.(***)
Diberdayakan oleh Blogger.