Seru! Hadapi Puluhan Petani, Sujadi Hanya Andalkan Traktor Tangan


KATALAMPUNG.COM – Areal persawahan Bulukerto, Kabupaten Pringsewu jadi saksi sejarah pertarungan puluhan robot bermesin. Robot yang dimaksud adalah traktor tangan yang umumnya digunakan petani desa membajak sawahnya.


Seru! Hadapi Puluhan Petani, Bupati Pringsewu Sujadi hanya Andalkan Traktor Tangan


Total 70 peserta turut ambil bagian pada acara bertajuk Kejuaraan Balap Traktor yang memperebutkan Piala Bergilir Bupati Pringsewu ini, Rabu (28/11). Adapun teknis penilaian lomba di antaranya keterampilan mengolah tanah mempergunakan traktor yang kali kedua sejak 2017 lalu.

Selain membuka lomba, Bupati Sujadi juga ikut menjadi peserta pertama lomba balap traktor  tersebut. Sehingga suasana semakin meriah, apalagi disaksikan masyarakat Pringsewu dan sekitarnya yang datang berbondong-bondong memadati pematang sawah menuju pusat perkantoran Pemkab Pringsewu.

Hadir pula Kepala Kejaksaan Negeri Pringsewu Asep Sontani Sunarya, Kadis Pertanian Pringsewu Iskandar Muda.

Menurut Kadis Pertanian Pringsewu Iskandar Muda, perlombaan balap traktor yang sudah menjadi event tahunan bertujuan lebih menggairahkan sektor pertanian, khususnya padi sawah di Kabupaten Pringsewu, di tengah semakin maraknya alih fungsi lahan di wilayah tersebut.

Sementara itu, Bupati mengapresiasi digelarnya lomba balap traktor ini. Selain inovatif, diharapkan bisa bersinergi dengan visi Pringsewu Berdaya saing, Harmonis, dan Sejahtera atau Pringsewu Bersahaja.

“Berdaya saing, dimana melalui lomba ini, peserta lomba tentunya memiliki keunggulan dalam teknik bercocok tanam. Harmonis, dimana melalui event ini akan terjalin hubungan kerjasama yang harmonis antar petani atau antar kelompok tani. Kemudian Sejahtera, karena melalui lomba ini diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan petani melalui pemanfaatan sarana dan prasarana pertanian secara lebih optimal,” harapnya.

Selain lomba balap traktor, juga diselenggarakan pawai parade traktor besar dari start di simpang Tugu Gajah di Pekon Bulukarto hingga menuju Pekon Klaten dan finish kembali ke Tugu Gajah, Bulukarto.(nga)
Diberdayakan oleh Blogger.