Dorong Semangat Investasi, FOILA Anugerahi DATA Award 2018


KATALAMPUNG.COM - Forum Investasi Lampung (FOILA) yang digagas oleh Bank Indonesia dan Pemerintah Daerah Provinsi Lampung merupakan semangat untuk mendorong investasi di Lampung. Melalui forum ini, BI dan Pemprov Lampung menyelenggaraan Data Award FOILA, yang diikuti oleh 15 kabupaten/kota.


Dorong Semangat Investasi, FOILA Anugerahi DATA Award 2018


Penyerahan bagi kabupaten/kota yang memperoleh Data Award ini diberikan pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Provinsi Lampung Tahun 2018 serta Lampung Economic Outlook 2019. Kabupaten/Kota yang memperoleh penghargaan adalah mereka yang telah berkontribusi besar dalam mendorong peningkatan investasi di Provinsi Lampung.


Setelah melalui tahapan penjurian yang ketat, penghargaan itu diberikan kepada tiga terbaik yakni, pertama, Kota Bandar Lampung (PLTSA TPA BAKUNG), terbaik kedua Kabupaten Pesawaran (Pulau Tangkil) dan terbaik ketiga Kabupaten Pesisir Barat (Pulau Pisang).

Sekretaris ISEI Lampung, Dr. Usep Syaipudin selaku salah satu Tim Juri Data Award mengatakan, penilaian terhadap penentuan anugarah Data Award meliputi Kelengkapan Data, Status Lahan, Prospek atau Peluang Investasi dan Aspek Kelayakan Investasi.

"Berdasarkan kriteria itu kita nilai dan didapatlah tiga besar tersebut. Kemudian pada tahap kedua, dari tiga besar ini kita minta klarifikasi untuk penambahan data dan informasi. Data Award diberikan atas Data Projek Investasi yang diajukan," ucap Usep.

Menurut Usep, tahap selanjutnya adalah bagaimana menindaklanjuti Data Projek Investasi itu menjadi siap jual kepada investor. Dengan target, ada Projek Investasi yang masuk pada Blue Book Bappenas yang siap ditawarkan ke investor.

"Jadi, ketika mengundang investor dalam sebuah forum, investor tersebut sudah bisa memilih, Projek A berada di provinsi mana, nilai investasi berapa, skemanya bagaimana dan sebagainya," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiharto Setyawan mengatakan semangat untuk mendorong investasi di Provinsi Lampung dilakukan oleh Bank Indonesia dan Pemerintah Daerah melalui Forum Investasi Lampung (FOILA).

"FOILA telah disahkan melalui Peraturan Gubernur Nomor 68 tahun 2017 tanggal 7 November 2017 dan Keputusan Gubernur Lampung Nomor Y/597/HK/2017 tanggal 24 November 2017,” ujar Budiharto di Ruang Auditorium Lt. 4 Bank Indonesia Provinsi Lampung, Selasa, 18 Desember 2018.

Menurutnya, di tahun 2018, langkah FOILA berfokus pada pengumpulan informasi terkait dengan proyek investasi di masing-masing kabupaten/kota yang clean and clear melalui penunjukan PIC di masing-masing kabupaten/kota.

Penyelenggaraan Data Award yang telah diikuti oleh 15 kabupaten/kota diikuti dengan pengembangan website investlampung.id. Dari FOILA ini, kata Budi, akan berkembang menjadi RIU (Regional Investment Unit).


Selain membentuk FOILA, terdapat program pengembangan UMKM dalam bentuk kluster di Provinsi Lampung. Kluster ini diarahkan pada komoditas pangan, penyebab inflasi dan komoditas yang dapat meningkatkan ekspor.

Adapun peningkatan daya saing klaster dilakukan dengan pembinaan, perbaikan budidaya, pemanfaatan teknologi serta peningkatan efisiensi pemasaran agar menghasilkan manfaat yang lebih tinggi.

Editor: Guntur Subing
Diberdayakan oleh Blogger.