'Duet Maut' Perum Damri dan PT Kereta Api, Layanan Transportasi Palembang-Jakarta Dijamin Lebih Efektif dan Efisien


KATALAMPUNG.COM - Koneksi antar daerah menjadi lebih mudah ketika terintegrasi, salah satunya melalui moda transportasi. Baik itu moda transportasi darat, laut, maupun udara. Selain lebih efektif dari segi waktu, interkoneksi ini juga lebih efisien dari sisi biaya dan kenyamanan penggunanya.


'Duet Maut' Perum Damri dan PT Kereta Api, Layanan Transportasi Palembang-Jakarta Dijamin Lebih Efektif dan Efisien


Seperti digagas Perum Damri dan PT Kereta Api Persero, melalui layanan interkonektivitas angkutan darat. Di mana, kedua armada milik BUMN berupa kereta api dan bus ini saling mengisi satu sama lainnya. Khususnya, pelayanan keberangkatan penumpang darat dari Palembang menuju Jakarta via Lampung.

Senior Manager Perum Damri, Joni Hendri menyampaikan, Damri akan mempermudah masyarakat yang dari Palembang sampai Tanjungkarang. Kemudian dilanjutkan dengan Bus Damri menuju Gambir, Jakarta. Sehingga, diharapkan dengan layanan ini bagi pelanggan Damri atau pelanggan Kereta Api lebih efisien biaya, bisa memalisir waktu dan jaminan keberangkatan dari Tanjungkarang ke Jakarta.

"Dengan adanya sinergi antar BUMN ini,  layanan maksimal bisa dirasakan  masyarakat Palembang dan Tanjungkarang," jelas Joni Hendri di Stasiun Tanjung Karang, Jumat, (14/12/2018).

Menurutnya, pihaknya sengaja di momen fixseson me-launching program ini. Tujuannya, agar masyarakat bisa tahu dan merasakan langsung karena mulai di Damri itu Natal dan Tahun Baru (Nataru) nanti akan kita mulai tanggal 21 sehingga momen ini bisa digunakan oleh masyarakat untuk tingkat lanjutan.

"Armada kita disini berangkat setiap hari ada 23 bus tetapi sesuai dengan jadwal dengan kereta api itu jam 8. Tetapi, kalau ada pergeseran waktu bus kita yang lainnya masih banyak yang tentabelnya, untuk harga tiket di kereta api itu langsung sudah inklut dengan damri itu sekitar 400 ribu dari palembang sampai jakarta," ucapnya

Dalam sambutan Wali Kota Bandar Lampung yang diwakili oleh Kadis Perhubungan kota, Ahmad Husna, mengatakan atas nama Pemerintah Kota Bandarlampung, pihaknya menyambut baik serta mengaprisiasi diluncurkannya angkutan perusahaan kereta api dan bus damri ini sebagai upaya untuk lebih mempermudah dan mempercepat para penumpang sampai dengan tujuan dalam waktu yang dapat terukur dengan baik.

"Launching angkutan Perusahaan Kereta Api dan bus Damri Tanjung Karang-Gambir ini tidak lepas dari beberapa pertimbangan yaitu persiapan dan kesiapan bus damri dan kereta api menghadapi momen tahun baru dan natal tahun ini," jelasnya

Hal ini, juga bukan saja mempersiapkan acara secara kuantitas dengan jumlah sarana transportasi yang begitu banyak, akan tetapi juga mempersiapakan secara kualitas kondisi sarana transportasi kualitas pelayanan, kualitas operator bus, dan kereta api yang secara prima.

Sedangkan menurut Vice President Passenger Marketing R. Agus Dwinanto, untuk sekarang ini koneksi yang ada kereta api (Sriwijaya), dari Palembang sampai Tanjung Karang hingga Gambir.

"Karena banyak permintaan juga dari penumpang kami yang setelah turun dari Stasiun Tanjung Karang ini menggunakan angkutan Damri tapi harus menunggu. Harus berebut beli tiket. Artinya belum ada kepastian, kita hadirkan kepastian itu dengan single tiketing ini," paparnya.

General Manager Damri Lampung Boy Aryadi mengatakan, untuk target awal dilihat pasar saat fixseson ini. "Jadi untuk kereta api nanti kita siapkan satu bus sendiri. Ini sudah kita antisipasi di tahun depan. Di RKA kami sudah antisipasi pengadaan bus," jelasnya.

Jadi harapannya nanti, kata Boy, yang turun dari beberapa gerbong ini setidaknya 60% dari jumlah site. “Dari 28+2 itu pasti akan kami berangkatkan sendiri, jadi tidak lagi bergabung dengan penumpang yang regular,” ucapnya.

Reporter: Cholik
Editor: Fery
Diberdayakan oleh Blogger.