GenBI Lampung Salurkan Bantuan Korban Tsunami Selat Sunda


KATALAMPUNG.COM - Tsunami yang menerjang Selat Sunda telah menjadi sorotan masyarakat Indonesia dalam sepekan ini. Berdasarkan informasi dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, keseluruhan korban meninggal dunia di pesisir Banten dan Lampung berjumlah 426 jiwa, 24 orang masih dalam tahap pencarian, 7.202 menderita luka-luka dan sebanyak 40.386 orang yang mengungsi sampai dengan Sabtu, 29 Desember 2018.


GenBI Lampung Salurkan Bantuan Korban Tsunami Selat Sunda


Sebagai bentuk dari keprihatinan atas penderitaan masyarakat yang menjadi korban bencana alam tersebut, Generasi Baru Indonesia(GenBI) Lampung menyalurkan bantuan kepada korban bencana alam tsunami di Lampung Selatan.

Bantuan yang diberikan oleh GenBI Provinsi Lampung merupakan bantuan yang didapat dari masyarakat melalui galang donasi. Bantuan ini diharapan dapat meringankan penderitaan bagi para korban tsunami di Lampung Selatan.

GenBI Lampung menyerahkan bantuan kepada Posko Terpadu Desa Totoharjo, Kec. Bakauheni, Kab. Lampung Selatan berupa barang sembako, perlengkapan kebutuhan ibu dan bayi, obat-obatan, selimut, peralatan ibadah dan perlengkapan kebersihan. Bantuan diterima langsung oleh ketua Pokdarwis Rohmat Hidayat.

"Dari bencana alam yang terjadi ini, kita harus bisa melihat hikmahnya juga. Ini merupakan peluang bagi kita untuk kembali menata ulang dengan lebih baik pariwisata yang ada di Desa Totoharjo yaitu Pantai Belebuk yang juga terkena dampak dari Tsunami,” kata Rohmat, Sabtu, 29 Desember 2018.

Menurut Rohmat, pihaknya mengharap bantuan dari pemerintah untuk pemulihan pembangunan lokasi pantai Belebuk. Karena, masyarakat setempat belum sanggup membenahi secara mandiri daerah yang porak-poranda akibat tsunami.

“Kami juga berharap agar GenBI dapat memberi warna baru, untuk dapat membantu membangun kembali daerah wisata pantai Belebuk dan juga kembali memberi semangat masyarakat korban bencana, " kata dia.

Di tempat yang sama, Fauzi Nurdewangga selaku Ketua Umum GenBI Provinsi Lampung berharap, bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk semua, mulai dari balita hingga lansia.

“Ayo kita sama-sama  membangkitkan lagi semangat masyarakat agar segara dapat beraktivitas seperti sedia kala. Dari bantuan yang telah diberikan semoga bukan hanya sekedar memberi bantuan sosial saja,” paparnya.

Ia meminta agar GenBI berperan aktif dalam memberikan semangat bagi masyarakat yang terkena dampak bencana. “Mari kita menumbuhkan kesadaran dan memotivasi masyarakat untuk kembali bangkit dan produktif  kembali, sehingga memulihkan keadaan perekonomian masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, salah satu pengungsi yang merupakan korban tsunami yang selamat, Rapiudin, mengapresiasi apa yang telah diperbuat oleh GenBI.

"Saya senang banyak relawan yang datang membantu dan memberikan donasi bagi kami. Pelayanan di posko ini sangat baik, mulai dari pelayanan kesehatan yang baik dan persediaan makanan pun sangat tercukupi," tuturnya.

Selain itu, Santoso, selaku Ketua Karang Taruna Desa Totoharjo mengucapkan terima kasih atas peran GenBI dalam meringankan beban masyarakat yang terkena bencana Tsunami Selat Sunda.

"Terimakasih kepada GenBI, karena tidak melupakan desa yang dimana akan dilaksanakannya Bersih Indonesia ini. Bantuan yang diberikan oleh GenBI menambah stok makanan yang ada di Posko Terpadu desa Totoharjo," sambungnya.

Reporter: Dimas Dwi P.
Editor: Guntur Subing
Diberdayakan oleh Blogger.