Kominfo Gelar Wayang Kulit di Pringsewu Dengan Lakon Bima Bangkit


KATALAMPUNG.COM - Pagelaran Wayang Kulit yang dihelat oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, menghadirkan dalang kenamaan Indonesia yang sudah malang melintang di dunia perwayangan. Ialah Ir. Warseno Hardjodarsono, M.Si., atau yang lebih akrab dikenal Ki Warseno Slank.


Kominfo Gelar Wayang Kulit di Pringsewu Dengan Lakon Bima Bangkit


Ki Warseno Slank pada Sabtu malam ini (7/12), membawakan tema "Membangun Manusia  Indonesia Yang Berkarakter Indonesia" dalam Lakon Bima Bangkit.

Manusia Indonesia  yang berkarakter kebangsaan dicontohkan dalam lakon ini adalah Bratasena, dikisahkan Bima alias Bratasena lahir dan mendapatkan kepercayaan dari Dewa untuk menyelesaikan tugas mereka termasuk membangun masa depan.

Kominfo Gelar Wayang Kulit di Pringsewu Dengan Lakon Bima Bangkit


"Lakon ini adalah mengenai rasa kemandirian, kepercayaan untuk mengemban tugas hidup. Jadi diharapkan dengan lakon ini kita bisa mandiri, percaya diri dan mampu untuk  menghadapi tantangan zaman dan situasi tapi tidak meninggalkan karakter bangsa," ujar Ki Warseno Slank sesaat sebelum dimulai pentas.

Menurut Ki Warseno Slank, yang berasal dari Solo, Jawa Tengah ini, tema mengenai karakter manusia Indonesia, ialah karakter yang sesuai dengan kehidupan berbangsa .

Kominfo Gelar Wayang Kulit di Pringsewu Dengan Lakon Bima Bangkit


"Dan Bratasena juga membangun karakter sebagai seorang satria yang memimpin masa depan, tapi tidak meninggalkan daripada karakter bangsa yang memiliki karakter ramah, lemah lembut, sopan santun, tegas bertanggung jawab, kreatif, inovatif dan religius," bebernya.

Menurut Warseno, manusia yang berkarakter adalah manusia yang mampu menghadapi situasi apapun dan tidak meninggalkan sebagai warga negara (identitas). " Harapan saya , di tahun politik ini, untuk meredam situasi yang tidak baik satu-satunya yakni lewat budaya. Semua akan kembali sejuk kalau kita bisa membawa diri kita. Dan pagelaran budaya seperti ini diharapkan bisa menangkis hal hal yang sifatnya tajam, ekstrim dan ngeri,"pungkasnya. (BM)
Diberdayakan oleh Blogger.