Puskesmas Pringsewu Dilengkapi Dengan EKG

KATALAMPUNG.COM - Jajaran UPT Puskesmas Pringsewu boleh berbangga hati. Bagaimana tidak. Sebagai layanan kesehatan tingkat pertama, puskesmas yang berstatus sebagai puskesmas PONED ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan peralatan pemeriksaan kesehatan yang terbilang canggih dan modern, dan tidak semua puskesmas maupun rumah sakit serta fasilitas kesehatan lainnya juga memiliki. Salah satu diantaranya adalah alat untuk memeriksa kesehatan jantung atau yang disebut Electrocardiograph (ECG) atau Elektrokardiograph (EKG).


Puskesmas Pringsewu Dilengkapi Dengan EKG


Menurut Kepala UPT Puskesmas Pringsewu dr.Hadi Muchtarom, di sela-sela kunjungan kerja Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi di Puskesmas Pringsewu, Rabu (2/1), puskesmas yang dipimpinnya kini telah memiliki fasilitas 2 alat EKG yang didapat dari pengadaan Puskesmas Pringsewu dan Bantuan Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu. 

"Kelengkapan fasilitas EKG pada sebuah puskesmas tentunya merupakan sebuah keunggulan atau kelebihan tersendiri," ujarnya.

EKG ini, kata dr.Hadi, merupakan tes diagnostik umum yang digunakan untuk mengevaluasi fungsi jantung. Tes tersebut merekam aktivitas listrik dari jantung, dan pada batas tertentu, mengidentifikasi jika ada peredaran atau aliran darah yang tidak normal.  

"Alat tersebut digunakan di Puskesmas yang memiliki pelayanan klinik penyakit tidak menular dan klinik haji," katanya.

Namun demikian, dr.Hadi melanjutkan, bahwa mencegah jauh lebih bijak daripada mengobati. Penyakit kardivaskular atau penyakit lainnya disebabkan oleh perilaku hidup (life Style), pencegahannya adalah memperbaiki perilaku hidup. Upayan ini dilakukan dengan melaksanakan Pos Pelayanan Terpadu bagi Penyakit Tidak Menular yang rutin dilakukan setiap bulan.

Oleh karena itu, bagi masyarakat Kecamatan Pringsewu yang ingin mengetahui kondisi kesehatan jantung atau memiliki keluhan dengan jantung,  bisa memeriksakan diri dan mendapatkan pelayanan tersebut di Puskesmas Pringsewu yang berada di Kelurahan Pringsewu Timur, Kecamatan Pringsewu. 

Dr.Hadi berharap dengan tersedianya fasilitas EKG, pelayanan kesehatan di Puskesmas Pringsewu diharapkan dapat lebih optimal. Warga yang ingin memeriksakan kondisi jantung mereka bisa langsung datang ke Puskesmas Pringsewu, dan tidak perlu lagi datang ke rumah sakit. Pemeriksaan jantung di Puskesmas Pringsewu seperti pelayanan lain juga gratis dengan syarat warga memiliki KTP Kabupaten Pringsewu atau menjadi peserta JKN.  (*/Nga)
Diberdayakan oleh Blogger.