Warga Pringsewu Idap Penyakit Steven Jhonson Syndrome

KATALAMPUNG.COM - Seorang pria yang sehari-harinya  bekerja sebagai juru parkir di Pasar Pringsewu, Aldi (27) terkena  Steven Johnson Syndrome atau yang biasa disebut alergi obat. 


Warga Pringsewu Idap Penyakit Steven Jhonson Syndrome


Aldi sudah terbaring di RSUD Pringsewu sejak dua minggu lalu guna mendapatkan perawatan intensif, demikian diungkapkan oleh Dewi istri Aldi saat ditemui di ruangan tempat Aldi dirawat, Selasa (26/2).

"Awalnya itu waktu dia (Aldi-red) sakit malaria, terus mengkonsumsi obat malaria yang kami beli dari apotik," ujarnya. 

Kemudian, pasca mengonsumsi obat malaria yang mengandung sulfur. Kondisi Aldi tak kunjung membaik, panas akibat sakit malaria tersebut malah naik turun. 

"Jadi itu kami beli obat hari Selasa pekan lalu, setelah itu tiga hari kemudian malah sekujur tubuhnya timbul ruam dan bentolan yang sangat perih dan panas," tuturnya.

Setelah itu, sang istri sempat membawa suaminya ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan. Akan tetapi, puskesmas sudah tak sanggup menangani dan dirujuk ke rumah sakit.

"Setelah dari puskesmas, kami disuruh konsultasi ke dokter kulit di RSUD Pringsewu mbak. Setelah itu Dokter Kulit mendiagnosis suami saya terkena sindrom alergi obat," lanjutnya. 

Saat ini, sudah dua pekan Aldi mendapatkan penanganan serius dari pihak RS. Aldi ditempatkan di ruangan isolasi penyakit dalam guna menyembuhkan penyakitnya. Dan tidak boleh dikunjungi sanak saudaranya. 

Bahkan jika sang istri atau ibunya mendatangi dia, harus menggunakan masker dan tidak boleh berbicara karena ditakutkan akan menular. Selain itu, selama dalam perawatan Aldi tidak bisa makan dengan normal karena lidahnya sakit untuk menelan makanan. Sehingga ia hanya bisa minum susu yang diberikan oleh pihak RS.

Menurut pengakuan sang istri, biaya untuk pengobatan Aldi di RS tidak menggunakan BPJS. 

"Tapi Alhamdulillah Mbak, pihak rumah sakit ada kebijakan untuk meringankan biaya rawat suami saya," pungkasnya. 

Untuk diketahui, Sindrom-Johnson (SJS) termasuk penyakit yang cukup jarang di Indonesia, namun merupakan kondisi yang serius. Penyakit ini menyebabkan kulit penderitanya gatal-gatal, melepuh, bahkan sampai mengelupas akibat dari reaksi berlebihan terhadap obat dan infeksi tertentu.

Orang yang terkena Stevens-Johnson Syndrome harus buru-buru dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan, sedangkan masa pemulihannya bisa memakan waktu berminggu-minggu. Bahkan jika gejalanya sangat parah, penyakit ini bisa mengakibatkan kematian. 

Reporter: Boenga Mandalawangi
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.