Paripurna DPRD Lampung Timur Bahas LKPJ Bupati TA 2018

KATALAMPUNG.COM - Bertempat di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Lampung Timur, Senin (19/03/2019), Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Lampung Timur dalam Acara Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Lampung Timur Tahun Anggaran 2018, digelar.

Paripurna DPRD Lampung Timur Bahas LKPJ Bupati TA 2018

Hadir dalam acara tersebut Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lampung Timur, Ela Siti Nuryamah, dan Hendri Nurhadi, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Junaidi, Asisten Bidang Administrasi Umum, Wan Ruslan, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, David Ariswandy, Forkopimda, serta para Kapala OPD, Kepala Bagian dan Camat Se-Kabupaten Lampung Timur. 

Untuk diketahui, Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah kepada DPRD merupakan suatu kewajiban dan refleksi serta nilai-nilai demokrasi yang diwujudkan oleh Pemerintah Daerah kepada DPRD sebagai mitra kerja Pemerintah Daerah dalam mengemban fungsi lembaga wakil rakyat. 

Selain itu LKPJ juga diharapkan dapat mendorong tumbuhnya semangat obyektifitas dalam mengeveluasi kinerja Pemerintah Daerah yang dilandasi kemitraan, untuk saling melengkapi serta menterjemahkan kebutuhan dan aspirasi masyarakat Lampung Timur. 

Dalam penyampaiannya, Chusnunia menjelaskan, berdasarkan data terbaru yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik Nasional bahwa Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Lampung Timur tahun 2017 mencapai 68,05, meningkat sebesar 37 basis poin dibandingkan tahun 2016 yang sebesar 67,88. 

Sedangkan pada bidang perekonomian, nilai inflasi di Kabupaten Lampung Timur pada tahun 2018 sebesar 2,01 persen, atau lebih rendah disbanding inflasi nasional sebesar 3,13 persen. Dengan kondisi ini dapat disampaikan bahwa target RPJMD di bawah 4 - 4,5 persen dapat tercapai. 

Chusnunia menambahkan, “Alhamdulillah, dengan berbagai program yang telah digulirkan oleh Pemerintah Daerah, persentase penduduk miskin di Kabupaten Lampung Timur terus mengalami penurunan. Pada tahun 2018 persentase penduduk miskin kita telah berhasil ditekan menjadi 15,76%, menurun sebesar 59 basis poin dibandingkan tahun 2017."

Lebih lanjut Bupati wanita pertama di Bumei Tuwah Beppadan tersebut menjelaskan, dengan kebijakan dan penyelenggaraan kalender event wisata daerah yang telah dilakukan sepanjang 2018 lalu, serta berkat dukungan dari seluruh stakeholder maka jumlah pengunjung event dan destinasi wisata pada tahun 2018 mencapai 596.158 pengunjung (meningkat 17%). 

Selain itu dengan berbagai inovasi dan upaya peningkatan kualitas pelayanan public yang telah dilakukan, pada tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Lampung Timur juga memperoleh berbagai apresiasi dan penghargaan dari Pemerintah Pusat, Provinsi, maupun Lembaga Resmi yang mana salah satunya ialah Penghargaan Sebagai Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama dan Juara Umum (Anjungan Terbaik) Lampung Fair 2018. 

Mengakhiri penyampaiannya, Chusnunia mengucapkan terima kasih kepada segenap Pimpinan dan Anggota DPRD, jajaran Forkopimda, Pimpinan Instansi Vertikal dan pihak-pihak terkait yang telah mendukung dan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah sehingga berbagai capaian kinerja dan prestasi dapat diraih.

Reporter: Jhoni
Diberdayakan oleh Blogger.