Gubernur Arinal Buka Pekan Raya Lampung 2019


KATALAMPUNG.COM - Gubernur Provinsi Lampung Arinal Djunaidi secara resmi membuka Pekan Raya Lampung 2019 di PKOR Way Halim, Bandarlampung, Sabtu (3/8) malam. Pekan Raya Lampung 2019 tahun ini dengan tema "Pesta Rakyat Untuk Lampung Berjaya".


Gubernur Arinal Buka Pekan Raya Lampung 2019


Dalam sambutannya Arinal mengatakan, Provinsi Lampung merupakan lumbung pangan nasional. Hal ini ditandai dengan posisi Lampung sebagai penghasil jagung terbesar nomor tiga di Indonesia, beras nomor tujuh di Indonesia serta penghasil tapioka nomor satu di dunia.

"Belum komoditas yang sedang dikembangkan, terutama holtikultura, seperti nanas nomor satu di dunia, pisang nomor 1 di dunia, dan perternakan kita sebagai lumbung Sumatera. Kita juga akan tingkatkan menjadi lumbung perternakan di dunia," kata Arinal

Kemudian dari sisi perkebunan, Lanjur Arinal, Kopi Lampung nomor satu di Indonesia, produksi coklat nomor dua di Indonesia. Sedangkan produksi Lada, Lampung menempati posisi satu dunia, karena hanya tumbuh di Lampung sebagai lada hitam dan lada putih di Bangka Belitung.

Baca Juga: Dewan Kopi Lampung Apresiasi Penyelenggaraan Pekan Raya Lampung 2019

"Oleh karena itu, saya akan mengajak para Bupati dan Wali Kota untuk ke depan agar lebih berjaya, karena saya akan mengeluarkan kebijakan tentang Kartu Petani Berjaya. Kartu ini sebagai salah satu pintu masuk untuk pengembangan ekonomi kerakyatan agar bisa lebih baik lagi, dan ini merupakan pintu awal Lampung Berjaya dalam tatakelola ekonomi kerakyatan," ucap Arinal.

Arinal menegaskan, dirinya tidak akan lari dari tanggung jawab. Langkah yang akan ditempuh Arinal adalah dengan mengambil alih Forum Komunikasi Petani. “Kalau Ketua KONI saya lepas, tetapi kalau Ketua Petani saya ambil. Apabila petaninya sakit, Gubernurnya lebih berasa kesakitan. Untuk itu saya mengajak Bupati dan Wali Kota agar menjadi Ketua Petani, sehingga ke depan petani kita akan merasa terlindungi," tegasnya.

Baca Juga: Bulog Lampung Turut Sukseskan PRL 2019 Dengan Produk Unggulannya

Dari sisi perekonomian, Arinal mengatakan, kinerja pertumbuhan ekonomi Lampung menunjukkan hal yang positif, dengan ditandai selalu di atas angka 5 persen dan berada di atas Nasional. Dilihat dari struktur pertumbuhan ekonomi secara signifikan terjadi peningkatan kontribusi sektor pariwisata.

"Perekonomian Lampung akan memiliki landasan yang lebih kuat dengan mengembangkan sumber daya lokal. Oleh sebab itu tadi saya keliling di stand-stand kabupaten dan saya sudah menyampaikan ekonomi kreatif kita yang akan ditangani oleh Dekranasda dan dikemas dengan baik produk-produknya seperti dodol dan pisang," ujarnya.(cholik)
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.