Jelang Akhir Tahun, Optimisme Pelaku Pasar Terjaga Dengan Baik


KATALAMPUNG.COM - Optimisme pelaku usaha pada triwulan IV 2019 cenderung terjaga dengan baik seiring dengan perkiraan kegiatan usaha yang akan kembali meningkat di akhir tahun. Hal ini disinyalir sebagai akibat meningkatnya permintaan masyarakat menjelang akhir tahun.


Jelang Akhir Tahun, Optimisme Pelaku Pasar Terjaga Dengan Baik


"Sesuai dengan pola musimannya, permintaan masyarakat akan meningkat menjelang akhir tahun yang didorong oleh berlangsungnya perayaan Hari Raya Natal, Tahun Baru, serta libur akhir tahun yang diperkirakan dapat meningkatkan realisasi kegiatan usaha,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Selasa, (22/10/19).

Menurut Budi, optimisme kegiatan usaha tersebut juga tercermin dari perkiraan penggunaan tenaga kerja responden yang meningkat pada triwulan IV 2019.

Sementara, hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha pada triwulan III 2019 mengindikasikan kegiatan usaha tumbuh melambat dibandingkan dengan triwulan sebelumnya yang tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang sebesar -3,11 persen.

“Lebih rendahnya realisasi kegiatan usaha tersebut, terutama berasal dari sektor pertanian dan sektor industri pengolahan yang didorong oleh faktor musim kemarau yang berkepanjangan dan normalisasi aktivitas ekonomi pasca periode permintaan tinggi di triwulan II 2019,” jelasnya.

Di sisi lain, harga kopi robusta sebagai komoditas ekspor utama Provinsi Lampung juga sedang dalam tren yang menurun sejak 2 tahun terakhir. "Sejalan dengan hal tersebut, rata-rata kapasitas produksi pada triwulan III 2019 juga tercatat sedikit lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata pada triwulan sebelumnya, yakni dari sebesar 88,37 persen menjadi 86,64 persen," ucapnya.(cholik)
Diberdayakan oleh Blogger.