Puncak HKN ke-55, Pemkab Pringsewu Gelar Jalan Sehat


KATALAMPUNG.COM - Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55, Pemerintah Kabupaten Pringsewu melalui Dinas Kesehatan menggelar kegiatan jalan sehat, yang diikuti ratusan peserta dari berbagai OPD, RS, puskesmas, mahasiswa sekolah tinggi bidang kesehatan serta masyarakat.


Puncak HKN ke-55, Pemkab Pringsewu Gelar Jalan Sehat


Kegiatan yang juga dihadiri anggota DPRD dan pejabat Pemkab Pringsewu ini dilepas oleh Bupati Pringsewu H.Sujadi di depan kantor pemkab setempat, Sabtu (16/11/19). Berbagai hadiah serta doorprize juga disediakan oleh panitia, diantaranya sepeda motor, televisi dan peralatan elektronik lainnya juga peralatan rumah tangga.

Pada kesempatan tersebut juga diperagakan cara mencuci tangan pakai sabun oleh Bupati Pringsewu dan jajaran.

Bupati Pringsewu H.Sujadi dalam sambutannya berharap melalui momentum peringatan HKN ke-55 yang mengangkat tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul” ini dapat menjadi pengingat bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud.

"Manakala semua komponen masyarakat berperan serta dalam upaya kesehatan, dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif," ujar Sujadi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu, Purhadi, mengatakan rangkain acara HKN ke 55 ini sudah dilaksanakan sejak delapan hari lalu, ada berbagai perlombaan yang digelar, seperti lomba fotografi Tuberkulosis, dan berbagai perlombaan lainnya.

"Kemudian juga kami sudah melaksanakan seminar tentang HIV-AIDS yang dilaksanakan di Universitas Aisyah Pringsewu beberapa waktu lalu," jelasnya.

Selanjutnya pada puncak acara hari ini, selain diadakan jalan sehat, juga ada penilaian stand home industry.

"Jadi mereka memanjang semua kegiatan-kegiatan, dan kita ikut membantu tentang produk jualannya yang ada PIRT nya. Jadi nantinya di Pringsewu setiap barang yang dipasarkan semua sudah ada izin PIRT," bebernya.

Pada peringatan HKN ke 55 ini tentunya masih banyak pekerjaan rumah yang harus dituntaskan oleh Pemerintah Kabupaten Pringsewu melalui dinas kesehatan, salah satunya adalah penanggulangan penyakit menular.

"Selanjutnya bagaimana setiap masyarakat di pekon harus sehat semua. Kalau sudah  masuk kategori desa sehat, semua program harus berjalan disana dan PR kita salah satunya masih meningkat terkait kesejahteraan masyarakat. Kemudian penanganan stunting, penurun penyakit, imunisasi penyakit ,wabilkhusus TBC. Kita akan buat satu percontohan desa sehat" tandasnya. (BM)
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.