Basarnas Lampung Bantu Evakuasi Korban Lakalantas di Pintu Tol Bakauheni


KATALAMPUNG.COM – Basarnas Lampung bersama tim SAR gabungan melakukan evakuasi korban kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di Pintu Tol Bakauheni, Sabtu (07/03) malam. Kecelakaan yang dipicu Truck Fuso menabrak parkiran motor itu mengakibatkan korban terjepit.


Basarnas Lampung Bantu Evakuasi Korban Lakalantas di Pintu Tol Bakauheni


Informasi awal diterima Basarnas Lampung dari warga Muara Piluk Bakauheni bernama Acong. Warga tersebut menginformasikan bahwa telah terjadi lakalantas di Pintu Pelabuhan Bakauheni dan terdapat korban terjepit yang membutuhkan penanganan khusus untuk dievakuasi.

Menanggapi laporan itu, Basarnas Lampung mengarahkan personil Pos SAR Bakauheni untuk melakukan evakuasi. Pos SAR Bakauheni dengan personil 10 orang bergerak menuju lokasi kejadian dengan membawa peralatan ekstrikasi. Selain itu, untuk proses evakuasi tim juga dibantu dengan crane.

Kejadian berawal saat Truck mengalami rem blong pada turunan menuju pintu masuk Pelabuhan Bakauheni pada pukul sekitar 19.30 WIB. Truck menabrak motor yang sedang parkir di samping seaport pelabuhan. Pada pukul 20.35 WIB personil Pos SAR Bakauheni tiba di lokasi dan melakukan koordinasi dengan tim SAR gabungan yg sudah berada di lokasi untuk melakukan evakuasi.

Selanjutnya tim SAR gabungan melaksanakan briefing dan memulai proses evakuasi. Pada pukul 23.50 WIB korban terjepit telah berhasil semua dievakuasi. Hasil evakuasi, korban akibat lakalantas tersebut berjumlah 4 orang yaitu 1 orang selamat dan 3 orang meninggal dunia. Data korban antara lain:

Rustam (Laki-laki/60 Th), warga Desa Kenyayan, Bakauheni, Lampung Selatan, dalam keadaan selamat.

Mayce Erni (Perempuan/37 Th), warga Desa Kenyayan, Bakauheni, Lampung Selatan, dalam keadaan meninggal dunia.

Eby Susanto (Laki-laki/40 Th), warga Bekri, Lampung Tengah, korban berhasil dievakuasi oleh tim SAR dalam kondisi selamat dan korban meninggal dunia dalam perjalanan menuju Rumah Sakit.

Sedangkan satu korban identitasnya belum diketahui dan masih dalam proses identifikasi oleh pihak berwenang.

Tim SAR gabungan melakukan pemeriksaan kembali di sekitar lokasi kejadian jika masih ada korban yang terjepit. Ahad (08/03) Pukul 01.50 WIB Truck dipindahkan dan area sudah clear bahwa tidak ada lagi korban yang perlu dievakuasi.

Tim SAR gabungan yang terlibat dalam proses evakuasi ini adalah Pos SAR Bakauheni, KSKP Pelabuhan Bakauheni, Satlantas Polres Lamsel, ASDP Pelabuhan Bakauheni, Unsur TNI, tim rescue Jalan Tol Trans Sumatra dan warga setempat. (hms)
Diberdayakan oleh Blogger.