Gubernur Arinal Sampaikan Pesan Mendagri Agar Pol PP Kawal Pilkada Serentak 2020


BANDAR LAMPUNG --- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan pesan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian agar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) mengawal ketertiban dan keamanan pada penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah serentak yang dilaksanakan pada 23 September 2020 mendatang.


Gubernur Arinal Sampaikan Pesan Mendagri Agar Pol PP Kawal Pilkada Serentak 2020


Hal tersebut disampaikan Gubernur Arinal saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian ketika menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan HUT Satpol PP ke- 70 dan Satlinmas ke- 58 Tahun 2020 di PKOR Way Halim, Bandarlampung, Senin (9/3/2020).

Seperti diketahui, pemilihan Bupati/Walikota tersebut akan dilaksanakan serentak pada 270 daerah yang terdiri dari 9 Provinsi, 224 Kabupaten, 36 Kota serta 1 Kota untuk pemungutan suara ulang.

"Kiranya segenap jajaran Satpol PP dan anggota Satlinmas dapat tetap memelihara serta menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik dengan instansi Iainnya seperti Jajaran Kepolisian maupun KPUD di wilayah masing-masing," ujar Gubernur.

Menurut Gubernur, kesempatan ini agar dimanfaatkan untuk mengkonsolidasikan penyelenggaraan ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat agar Pilkada 2020 dalam kondisi yang aman, tertib, demokratis dalam bingkai NKRI.

Arinal menekankan juga terhadap kerawanan yang perlu diwaspadai bersama dalam menghadapi Pilkada. Seperti terkait keamanan, netralitas ASN, isu SARA dan politik uang. "Diperlukan antisipasi dari semua pihak dalam menghadapi kerawanan tersebut," katanya.

Arinal juga menyampaikan bahwa tahapan Pemilu sangat penting bagi jajaran Satpol PP dan Satlinmas di daerah. "Untuk menyikapi situasi dan kondisi yang mungkin terjadi tersebut, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, aparat Satpol PP dan Satlinmas di daerah harus dapat menyiapkan diri sejak dini," ujarnya.

Untuk itu, Arinal meminta jajaran Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat diharapkan senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan dalam menjaga ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta perlindungan masyarakat di daerah masing-masing.

"Seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menjaga ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta perlindungan masyarakat, sebelum, pada saat dan setelah pemungutan suara pada saat Pilkada Serentak tahun ini," katanya.

Arinal menekankan kepada seluruh jajaran Satuan Polisi Pamong Praja untuk bersikap proaktif mencermati kondisi dan dinamika di wilayahnya demi menjaga stabilitas dan keamanan jelang pesta demokrasi di daerah.

"Tetap konsisten menjaga citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintahan sebagaimana diamanatkan dalam Panca Wira Satya Polisi Pamong Praja," ujarnya.

Termasuk pada Satuan Perlindungan Masyarakat, Arinal meminta untuk proaktif melakukan pengamatan situasi dan kondisi di wilayah tempat tinggal masing-masing dalam rangka deteksi dini dan cegah dini terhadap potensi gangguan ketenteraman dan ketertiban umum.

"Hal ini sangat penting mengingat anggota Satlinmas juga menjadi bagian dalam masyarakat ditempat tinggal masing-masing yang lebih memahami dan mengetahui setiap anggota masyarakat lainnya yang berada di lingkungannya," katanya.

Pada bagian lain, Arinal menyoroti peningkatan kualitas pelaksanaan tugas Satpol PP dan Satlinmas sebagai Abdi Negara, Abdi Masyarakat dan Abdi Pemerintah.

Menurut Arinal, peningkatan kualitas tugas tersebut agar dapat lebih profesional, kompeten dan berintegritas tinggi yang diharapkan dapat lebih menunjang tugas pokok dan fungsi operasional di lapangan.

"Mari kita jadikan HUT Satpol PP dan HUT Satlinmas ini sebagai momentum untuk mengajak seluruh komponen Bangsa Indonesia untuk meningkatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai pemersatu bangsa dalam keberagaman," ujar Gubernur Arinal.

Arinal menyampaikan rasa bangga dan penghargaan kepada anggota Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat atas pengabdiannya dalam mengemban tugas.

Terutama, kata Arinal, atas perlindungan serta pelayanan yang tulus demi mewujudkan rasa tertib, tenteram dan aman kepada masyarakat.

"Tingkatkan profesionalisme serta kapasitas aparatur, ciptakan sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah guna tercapainya tujuan penyelenggaraan pemerintahan menuju Indonesia Maju," katanya.

Peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat ini mengambil tema "Peningkatan Profesionalisme Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat Menuju Indonesia Maju."(Adpim)
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.