Direktur Pro-Strategic: Jangan Abaikan Pengelolaan Keuangan Bisnis

KATALAMPUNG.COM - Saat ini, para pengusaha lebih tertarik dengan kreativitas yang melahirkan ide-ide bisnis untuk bertahan maupun mengembangkan usahanya. Bukan hanya saat kondisi normal, terlebih saat terjadinya pandemi sekarang ini. Kreativitas maupun ide itu muncul baik pada penciptaan, diversifikasi, maupun penjualan, ini banyak sekali khususnya di bidang usaha kuliner maupun fesyen.

Direktur Pro-Strategic: Jangan Abaikan Pengelolaan Keuangan Bisnis


Hal tersebut disampaikan Direktur Pro-Strategic Foundation, Dadang Ishak Iskandar, saat membuka Workshop Pengelolaan Keuangan untuk UKM. Acara yang diprakarsai oleh Pro-Strategic dan IIBF Lampung ini diikuti 24 orang perserta yang bertempat di Pro-Strategic Workshop, Gunung Terang, Bandarlampung, Senin (10/11).

Menurut Dadang, karena fokus pada ide, banyak pengusaha yang mengabaikan pentingnya pengelolaan atau manajemen keuangan. Mereka menganggap pengelolaan keuangan bisa berjalan dengan sendirinya.

Banyak dari mereka yang masih berpikir bahwa suatu bisnis yang bagus maka keuangannya juga pasti sama bagusnya. Apabila usaha mereka berjalan maka uang juga akan mengalir dengan sendirinya.

Pemikiran seperti ini bisa jadi benar, namun dapat pula menyesatkan. Benar apabila sumber pendapatan kas suatu usaha hanya bersumber dari penjualan dan keuntungan, namun bisnis bukanlah hanya sekedar bagaimana cara menghasilkan uang melainkan bagaimana cara mereka membelanjakan dan mengendalikan uang yang ada,” katanya.

Dadang menegaskan, dalam mengelola keuangan bukan hanya sekedar melakukan manajemen uang kas, tetapi manajemen dalam mengelola keuangan merupakan bagaimana cara mengelola kekayaan agar dapat menghasilkan keuntungan dan memanfaatkan sumber-sumber modal agar dapat membiayai usaha. (adm/kl)

Diberdayakan oleh Blogger.