Pertumbuhan Ekonomi Lampung Triwulan II-2021 Tertinggi se-Sumatera

KATALAMPUNG.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung mengeluarkan rilis resmi Pertumbuhan Ekonomi Lampung Triwulan II-2021, Kamis (5/8/2021). Dari rilis yang dipublikasikan itu terungkap pertumbuhan positif yang dicapai ekonomi Lampung ini menjadikannya tertinggi se-Sumatera.

Pertumbuhan Ekonomi Lampung Triwulan II-2021 Tertinggi se-Sumatera
Sumber: BPS, 2021


Menurut data BPS, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku Provinsi Lampung pada triwulan II-2021 sebesar Rp95,09 triliun dan PDRB atas dasar harga konstan tahun 2010 sebesar Rp63,06 triliun.

Pertumbuhan Ekonomi Lampung Triwulan II- 2021 tumbuh menguat sebesar 5,03% jika dibandingkan Triwulan II-2020 (yoy).

Sektor Lapangan Usaha Perdagangan Besar-Eceran dan Reparasi Mobil-Sepeda Motor mencapai pertumbuhan tertinggi dari sisi produksi, yakni sebesar 13,30 persen. Komponen Ekspor Barang dan Jasa mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 17,32 persen dari sisi pengeluaran.

Jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya PE Lampung Triwulan II 2021 ini tumbuh sebesar 6,69% (q-to-q). Lapangan usaha Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib dari sisi produksi mencapai pertumbuhan tertinggi yakni sebesar 19,93 persen. Komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah mengalami pertumbuhan tertinggi dari sisi pengeluran yakni sebesar 31,61 persen.

Secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi Lampung semester I-2021 tumbuh sebesar 1,46% dibandingkan dengan Semester I-2020.

Menanggapi hal ini, Gubernur Arinal mengatakan, sinyal positif ini adalah momentum penting untuk meningkatkan kinerja pembangunan di Provinsi Lampung. Apalagi, Lampung memiliki dukungan seperti kekayaan sumber daya alam, sehingga bukanlah hal yang tidak mungkin untuk terus mempertahankan tren positif ini.

"Potensi sumberdaya alam, khususnya di sektor pertanian dan posisi geografis Lampung yang relatif dekat dengan Jakarta dan sekitarnya, sebagai pasar produk sektor pertanian, tentu menjadi peluang sekaligus  tantangan untuk semakin memacu kerja keras kita," kata Gubernur, Kamis (5/8).

Gubernur Arinal berkomitmen untuk mempertahankan dan  menjaga pertumbuhan ekonomi melalui penganggaran dalam perubahan APBD  Tahun 2021 dan APBD Tahun 2022 serta  terus mencari peluang guna  meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan di berbagai sektor.(kmf/dde)

Diberdayakan oleh Blogger.