Bimtek Bersama Dirjendbun, Dwita Ria Bangun Kolaborasi Perkelapasawitan

KATALAMPUNG.COM - Ir. Dwita Ria Gunadi, Anggota Komisi IV DPR RI, Fraksi Partai Gerindra bersama Direktorat Jendral Perkebunan Kementerian Pertanian RI mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis dengan tema "Pemanfaatan Sawit sebagai Penggerak Ekonomi Rakyat Secara Nasional" bertempat di Hotel Aston City Bandarlampung, Rabu, (20/10).

Bimtek bersama Dirjendbun, Dwita Ria bangun kolaborasi Perkelapasawitan


Dwita Ria mengungkapkan, dampak Pandemi Covid-19 secara signifikan mengakibatkan terjadinya penurunan pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

"Namun, kita patut bersyukur bahwa sektor pertanian hingga saat ini justru tumbuh positif 2,15% dibandingkan dengan sektor lainnya dan komoditas kelapa sawit menjadi salah satu penyumbang angka positif pada PDB pertanian," ungkapnya.

Baca Juga: Studio Foto Lampung Terbaik dan Terlaris

Dwita Ria juga menyampaikan bahwa Tantangan pengembangan kelapa sawit nasional kedepan tidak hanya persoalan produktivitas kelapa sawit rakyat. 

"Persoalan kita kedepan juga bagaimana menjamin benih-benih yang unggul, berkualitas dan bersertifikat serta menjaga konsistensi dalam hal kuantitas, kualitas dan kontinuitas serta pemantapan standarisasi ISPO kita yang tentunya banyak menjadi sorotan dunia dalam pemenuhan aspek-aspek sustainable dan lingkungan," terang Dwita.

Dwita juga menambahkan saat ini pemerintah tengah melakukan berbagai upaya-upaya khusus ditengah kondisi pandemic ini terkait peningkatan akses pasar, nilai tambah, rantai pasok, saluran distribusi dan dinamika harga dunia. 

"Saya dan jajaran Ditjen. Perkebunan, Kementerian Pertanian berharap melalui acara ini dapat menjadi inisiatif komitmen yang berkelanjutan tentang bagaimana memaknai kolaborasi antara stakeholder per-kelapa sawitan di pusat dan daerah untuk pembangunan kelapa sawit nasional kedepan, utamanya dalam menjalin kemitraan yang kuat berbasis korporasi petani di sentra-sentra Kawasan kelapa sawit nasional," pungkas Istri Ketua DPD Partai Gerindra Lampung tersebut.

Hadir mewakili Dirjend Perkebunan, Endy Pranoto, S.Sos., M.Sc, Kegiatan juga dihadiri Ahmad Giri Akbar, SE., M.B.A, Anggota DPRD Provinsi Lampung, Perwakilan Dinas Kabupaten Lampung Timur. Kegiatan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.(***)

Diberdayakan oleh Blogger.