Kopertip Indonesia Gelar Kuliah Umum Sistem Pengendalian Manajemen Sektor Publik

KATALAMPUNG.COM - Konsorsium Perguruan Tingggi Provider Jardiknas atau dikenal dengan Kopertip Indonesia mengadakan webinar virtual serial kuliah umum nasional dengan topik “Sistem Pengendalian Manajemen Sektor Publik”, melalui aplikasi zoom meeting dan chanel youtube Kopertip Indonesia, Kamis, 20 Januari 2022.

Kopertip Indonesia Gelar Kuliah Umum Sistem Pengendalian Manajemen Sektor Publik


Kegiatan yang diadakan oleh Kopertip Indonesia ini bekerja sama dengan Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Lampung dan Politeknik TEDC Bandung. Dengan Narasumber Yudastio, S.E, M.Ak, dosen Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Lampung, yang dimoderatori oleh Nia Ekawati, S.Kom, M.Si, dosen Politeknik TEDC Bandung.

Yudastio, S.E, M.Ak menjelaskan, setiap organisasi sektor publik dan swasta memerlukan sistem pengendalian manajemen untuk memberikan jaminan dilaksanakannya visi misi dan strategi organisasi secara efektif dan efisien sehingga tujuan organisasi dapat dicapai.

Kopertip Indonesia Gelar Kuliah Umum Sistem Pengendalian Manajemen Sektor Publik


"Sistem pengendalian manajemen sektor publik fokus terhadap bagaimana melaksanakan strategi organisasi secara efektif dan efisien sehingga tujuan organisasi dapat dicapai. Sistem pengendalian manajemen tersebut harus didukung dengan perangkat yang lain berupa struktur organisasi yang sesuai dengan tipe pengendalian manajemen yang digunakan, manajemen sumber daya manusia, dan lingkungan yang mendukung," ujarnya. 

Yudastio menambahkan, Sistem Pengendalian Manajemen Sektor Publik dibutuhkan untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi pengambilan keputusan dan sebagai alat pertanggungjawaban. 

"Hal ini berlaku tidak hanya di sektor swasta melainkan juga di sektor publik. Istilah sektor publik sendiri memiliki pengertian yang bermacam-macam. Hal tersebut merupakan konsekuensi dari luasnya wilayah publik. Oleh karena itu, setiap disiplin ilmu memiliki cara pandang dan definisi yang berbeda-beda."

"Dari sudut pandang ekonomi, sektor publik dapat dipahami sebagai suatu entitas yang aktivitasnya berhubungan dengan usaha untuk menghasilkan barang dan pelayanan publik dalam rangka memenuhi kebutuhan dan hak publik," terang Yudastio. 

Kopertip Indonesia Gelar Kuliah Umum Sistem Pengendalian Manajemen Sektor Publik


Menurutnya, di dalam struktur organisasi masyarakat, terdapat fungsi pengendalian manajemen dan jaringan kelompok orang yang bekerja berdasarkan tujuan organisasi (responsibility centers). Pusat tanggung jawabnya dipimpin oleh manajer, yang bertanggung jawab pada kegiatan anggotanya. Hubungan antarpusat tanggung jawab inilah yang disebut struktur pengendalian manajemen (management control system).

Oleh sebab itu, Yudastio menegaskan, setiap organisasi sektor publik dan swasta haruslah menerapkan secara benar sistem pengendalian manajemen sektor public dalam organisasisnya. 

"Sebelum membuat rencana strategis organisasinya merencanakan dilakukan dahulu perumusan menggunakan analisis S.W.O.T. Agar semua rencana strategis kerja dapat dilakukan secara efektif dan efisien sesuai tujuan organisasi," imbuhnya. 

Sementara itu, Dr. Ahiruddin, S.E, M.M selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai menjelaskan, kegiatan ini adalah program rekognisi dosen yang bekerja sama dengan Kopertip Indonesia. 

"Kuliah umum nasional ini diikuti sekitar 62 peserta yang terdiri dari mahasiswa Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Lampung, mahasiswa Politeknik TEDC Bandung, dan mahasiswa STIMIK Bani Saleh Bekasi. Semua perguruan tinggi yang mengikuti Kuliah umum nasional ini adalah perguruan tinggi yang tergabung dalam Kopertip Indonesia," ujar Dr. Akhiruddin.(yud) 

Diberdayakan oleh Blogger.