Mengenal CarcentOS Untuk Memudahkan Mencari Pekerjaan

BANDARLAMPUNG, katalampung.com-Pada saat ini, perilaku bisnis sudah mulai beralih dari yang konvensional menjadi digital. Tahapan bisnis sendiri mulai berbeda jika pada bisnis konvensional yaitu bisnis diawali riset di pertokoan. Kemudian beralih digital menjadi riset di google. Era sekarang, toko / kantor pun tidak lagi harus memilik lokasi. sekarang melalui website atau media sosial pun bisa, dan seterusnya.

Mengenal CarcentOS Untuk Memudahkan Mencari Pekerjaan
Foto: Tutus Kusuma dari EEC UGM pada acara PRA-SUMMIT ICCN 2017 CHAPTER SUMBAGSEL di Universitas Lampung, Rabu (09/08/2017). Dok. CCED Unila

Menurut hasil survey infografis November 2016, perilaku pengguna internet Indonesia mayoritas menggunakan mobile phone / smartphone. Ada beberapa alasan utama mengakses internet yaitu Update Informasi (25,3%) Terkait Pekerjaan (20,8%), Mengisi waktu luang (13,5%), Sosialisasi (10,3%), Terkait Pendidikan (9,2%), Hiburan (8,8%), Bisnis / berdagang dan cari barang (8,5%).

Tutus Kusuma dari EEC UGM pada acara PRA-SUMMIT ICCN2017 CHAPTER SUMBAGSEL di Universitas Lampung kemarin. Tutus mengungkapkan, ICCN menciptakan sistem Career Center Open Source (carcentOS) yang dapat diakses di carcentOS.careercenter.id. Tujuannya memfasilitasi Pusat Karir yang menjadi anggota ICCN dalam hal pengelolaan Pusat Karir. Bahkan Sudah di sediakan sub-domain bagi Pusat Karir yang telah mendaftar di ICCN. "Sampai bulan Agustus 2017 sudah ada 128 Pusat karir yang telah menggunakan carcentOS," ujar Tutus.

Tutus mengatakan, terdapat Fitur utama yang ada pada carcentOS antara lain, Dual membership untuk jobseeker dan employer. Online Curiculum Vitae (CV), setelah registrasi member langsung diarahkan untuk mengisi data diri dan CV secara Online dengan template yang telah disediakan. "Hal ini bertujuan sebagai database jobseeker," kata Tutus menambahkan.

Dilanjutkan dengan integrated vacancy. Bagi employer, setelah registrasi, dapat memilih layanan yang diinginkan. Sedangkan bagi jobseeker, dapat melacak perkembangan lamaran yang sudah dia lamar.
Selanjutnya Smart Sugesstion. Fitur ini untuk Pusat Karir yang telah menjadi member ICCN. Pusat Karir bisa menggunakan carcentOS selanjutnya bisa memasang lowongan yang spesifik agar employer dapat memeriksa daftar lowongan.

"Ada lagi fitur Jobfair Microsit. Fitur ini membantu Pusat Karir dalam mempersiapkan Jobfair yang akan Pusat Karir lakukan. Fitur yang ada antara lain berisi konten, partisipan dan jadwal kegiatan," papar Tutus.

Setelah itu, dikatakan Tutus, ada fitur Tracer Study. "fitur ini menyediakan database alumni yang menjadi target responden, instrumen meliputi daftar pertanyaan dan jangka waktu pelaksanaan, email blast kepada responden," tutup dia.(is)
Diberdayakan oleh Blogger.