Jelang Pilgub Lampung 2018, Peluang Cagub Independen Tipis

BANDARLAMPUNG, katalampung.com – Jelang Pilgub Lampung 2018, para kandidat Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Lampung semakin mengerucut. Namun, hiruk pikuk kontestasi ini didominasi oleh perebutan dukungan Partai Politik.

Jelang Pilgub Lampung 2018, Peluang Cagub Independen Tipis
Robi Cahyadi (Akademisi FISIP UNILA)

Ditilik dari persiapan calon, Pengamat Politik Universitas Lampung, Robi Cahyadi, menilai peluang para kandidat calon gubenur Lampung untuk maju dari calon independen sangatlah tipis, mengingat tahapan pilgub telah mendekati batasan waktu.

Baca Juga: Perang Branding dan Opini di Pilgub Lampung 2018

“Calon independen itu sesuai Peraturan KPU RI No. 1 tahun 2017, penyerahan syarat dukungan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur kepada KPU Provinsi antara tanggal 22-26 November 2017 dan penyampaian syarat dukungan kepada KPU antar 6-8 Desember 2017. Jadi waktunya tinggal sedikit lagi untuk verifikasi berkas. Jadi tidak terlalu seksi untuk calon yang tidak memiliki jaringan,” kata Robi Cahyadi kepada katalampung.com, Senin (24/10/2017).

Jika dilihat dari potensi peluang 4 (empat) besar calon yang akan maju pada Pilgub Lampung 2018, seperti M. Ridho Ficardo, Herman HN, Mustafa dan Arinal Djunaidi, menurut Robi, yang paling berpeluang untuk maju sebagai calon independen adalah Ridho Ficardo.

“Tapi saya tidak terlalu yakin dia mau maju independen, karena semua rekomendasi partai belum ada sifatnya final,” ujar Robi (Baca: Rekom Partai Pada Pilgub Lampung 2018 Belum Final)

Ditambahkan Robi, format pencalonan independen saat ini lebih sulit, atau verifikasinya secara menyeluruh berdasarkan UU Pilkada terbaru.

“Jadi, seharusnya kalau independen itu deklarasinya sudah dari jauh-jauh hari, menurut saya peluang pasangan independen untuk Pilgub Lampung itu lebih kecil dibandingkan peluang melalui parpol. Bahkan untuk gerakan, sampai saat ini tidak ada gerakan cagub yang mengarah ke independen, kecuali dengan asumsi petahana tidak mendapat perahu, dia bisa mengupayakan untuk independen. Tapi saya sangsi dia akan maju melalui independen. Karena saya peranah mendengar, Ridho dalam beberapa kesempatan menyatakan dia akan tetap maju melaui parpol,” jelas Robi.

Dilaporkan Oleh: Guntur Subing
Diberdayakan oleh Blogger.