Bupati Lambar Kunjungi Wisata Gunung Temiangan atau Lebih Dikenal Dengan Temiangan Hill

KATALAMPUNG.COM - Satu lagi destinasi wisata alam di Kabupaten Lampung Barat mulai mencuri perhatian masyarakat yakni Gunung Temiangan yang ada di Kec. Air hitam dan Kec. Gedung Surian. Potensi wisata bak "Negeri di Atas Awan" tersebut berada tepat di Puncak Gunung Temiangan. Sayangnya tempat wisata indah ini belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas, sehingga keindahannya baru dinikmati oleh warga sekitar.


Bupati Lambar Kunjungi Wisata Gunung Temiangan atau Lebih Dikenal Dengan Temiangan Hill


Selain berada di ketinggian kita pun bisa menyaksikan hijaunya hutan yang diselimuti awan putih, dengan suhu yang dingin. Dari atas Gunung Temiangan tersebut mata dimanjakan dengan menggapai pemandangan puncak Gunung Abung di Kecamatan Sumberjaya, Gunung Pesagi di Kecamatan Belalau, bahkan hingga Puncak Gunung Tanggamus.

Baca Juga: Ribuan Penggila Motor Trail Padati Lapangan Pasar Pungkalan Bandar Negeri Suoh

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Lambar Drs. Mad Hasnurin meninjau sekaligus mengunjungi Temiangan Hill. Destinasi wisata ini masuk di wilayah Pekon Padang Panjang Tri Mulyo Kecamatan Gedung Surian. 

Puncak tertingginya bergeser ke arah barat kurang lebih 800 M berada di wilayah Pekon Sinar Jaya Kecamatan Air Hitam Kabupaten Lambar. Dengan ketinggian kurang lebih 1290 M di atas permukaan laut.

Dalam kunjungan tersebut Bupati dan wakil Bupati Lambar didampingi oleh Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata Indra Kesuma, Kadis Perhubungan Gunawan Rasyid , Kabag Humas dan Protokol Sekdakab Lambar Burlianto Eka putra, Kabag Kesra Sekdakab Lambar, Camat dan Para peratin.

Pesona keindahan alam di sekeliling Puncak Temiangan Hill konon katanya mengalahkan Puncak Bawang Bakung atau yang biasa kita kenal Puncak Gerdai yang ada di Pekon Kembahang Kecamatan Batu Brak. Baik keindahannya pada pagi hari, siang, sore maupun malam hari.

Selain menyajikan keindahan alam, Temiangan Hill juga memberikan tantangan tersendiri bagi yang hobi berpetualangan. Para pendaki atau yang hobi ngetrail diprediksi akan menyukai track menuju Puncak Temiangan Hill. Sebab jalan menuju puncak merupakan tanjakan dan turunan yang lumayan curam. 

Di sepanjang jalan juga pengunjung juga bisa menikmati indahnya pohon kopi yang ada di sisi kiri dan kanan jalan. Track yang menantang ini tentusaja akan memacu adrenalin tersendiri bagi para pengunjung.

Dalam kunjungan tersebut Bupati menyampaikan kepada masyarakat, khususnya pengelola wisata Tamiangan Hill, bahwa Destinasi wisata ini merupakan tempat wisata yang baru di Lampung Barat yang wajib dikunjungi dan diramaikan. 

Untuk meramaikannya wajib bagi semua pihak untuk mempublikasikan, agar semua orang bisa mengetahui wisata tersebut. Semakin banyak yang mengetahui maka akan semakin banyak juga pengunjung yang datang baik dari dalam daerah maupun dari luar daerah.

Kemudian Bupati juga mengatakan, majunya sebuah objek wisata tergantung dengan bagaimana pelayanan kita terhadap pengunjung. 

Menyangkut masalah akses jalan, Bupati berpendapat bahwa dengan keadaan jalan yang lumayan ekstrim itu menjadi salah satu hal yang justru harus dipertahankan.

“Bukan berarti tidak ada kepedulian dari pemerintah daerah, karena dengan keadaan jalan yang seperti itu menjadi salah satu nilai jual dari destinasi wisata Temiangan Hill. Untuk mengatasi hal itu pengelola juga harus menyiapkan fasilitas ojek dan tidak boleh sembarangan. Harus orang yang ahli dalam membawa kendaraan itu sendiri dan jangan terlalu mahal agar pengunjung tidak keberatan,” ujar Bupati, Sabtu, 29 September 2018.

Menurutnya, pengelola harus memberikan kesan yang baik. “Kesan", kata Bupati, adalah sesuatu yang paling mahal. Sekali orang kecewa hal tersebut bisa berimbas kemana-mana. “Jadi kita sebagai pengelola harus bisa sabar dalam melayani orang banyak,” tambahnya.

Lebih lanjut Bupati menilai Temiang Hill memiliki prospek yang baik. Yang patut menjadi perhatian adalah bagaimana pengelolanya untuk bisa memberikan pelayanan dan rasa nyaman serta aman untuk para pengunjung.

“Persiapan-persiapan lainnya seperti penyediaan bahan makanan, warung yang menjual makanan dan minuman dan sebagainya. Dan yang pasti harus bersih dan higienis. Mudah-mudahan dengan adanya wisata Temiangan Hill ini ke depannya bisa membantu meningkatkan pendapatan masyarakat yang ada di Kecamatan Air Hitam dan Kecamatan Gedung Surian umumnya di Kabupaten Lambar,” tutupnya.(HLB/dde)
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.