105 Tim Ikuti LCT Bidang IPS Tingkat SMA Sederajat di Universitas Lampung

KATALAMPUNG.COM - Lomba Cepat Tepat Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial tingkat SMA/MA/SMK/MAK Sederajat resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Prof. Dr. Bujang Rahman, M.Si. Sebanyak 105 tim yang berasal dari 15 kabupaten/ kota di Lampung tampil memperebutkan Piala Bergilir Rektor. Mereka akan bertanding selama 3 hari, yakni 21-23 September 2018.


105 Tim Ikuti LCT Bidang IPS Tingkat SMA Sederajat di Universitas Lampung


Albet Maydiantoro, S.Pd., M.Pd., selaku Ketua Pelaksana LCT mengatakan, Lomba Cepat Tepat bidang IPS adalah rangkaian gebyar Dies Natalis yang ke-53 Unila tahun 2018. Jumlah peserta yang akan bertanding berjumlah 105 tim. “1 regu itu terdiri dari 3 orang, jadi sekitar 315 orang siswa yang mengikuti acara LCT dari 65 sekolah di Provinsi Lampung," terangnya di Aula K FKIP Unila, Jum'at, 21 September 2018.

"Kemudian pada tahun ini juga kita menggunakan sistem agak berubah dari tahun kemarin, jadi semua peserta bertanding. Kalau tahun lalu itu dilakukan seleksi 64 besar peserta, kita seleksi dengan tes tertulis. Jadi tahun ini tidak ada sistem seleksi, semuanya langsung ikut bertanding," tambahnya.

Menurutnya, dengan perubahan sistem ini maka tidak ada yang tersisih diawal. “Jadi ada siswa dari ujung Lampung, misalkan dari beberapa daerah dari Lampung Barat dan Mesuji, jadi mereka hadir kesini tidak hanya sekedar mengikuti tes tertulis saja tetapi langsung juga bertanding.”

Dengan sistem ini ia berharap dapat memberikan apresiasi kepada seluruh peserta. Sehingga kehadiran mereka ke Unila, benar-benar bertanding dalam LCT.

Albet menambahkan, untuk pemenang akan diambil juara 1-4 sebanyak 12 orang. Mereka akan diterima di Unila melalui jalur Prestasi Khusus. "Jadi ada jalur khusus di Unila ini untuk menerima mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi, salah satunya melalui Lomba Cepat Tepat bidang IPS ini," imbuhnya .

105 Tim Ikuti LCT Bidang IPS Tingkat SMA Sederajat di Universitas Lampung


Para peserta juga akan memperebutkan Piala Bergilir Rektor, tropi untuk juara 1-4 dan uang pembinaan. Menurut Albet, event ini akan sangat berguna bagi peserta, sebagai ajang untuk memperlihatkan prestasi mereka.

"Manfaat buat peserta adalah sebagai ajang untuk melihat prestasi siswa-siswa kita di Lampung di event-event seperti ini. Karena event di jurusan IPS cukup terbatas, berbeda dengan jurusan IPA yang lebih banyak (diselenggarakan, red)," paparnya.

Selain itu, event ini juga berguna untuk membangun sportifitas siswa untuk belajar sportif dari sejak dini. Ia mensyukuri, Universitas Lampung berkomitmen untuk menggalakkan LCT Bidang IPS setiap tahun. Sebagaimana LCT dimasukkan dalam rangkaian penyelenggaraan Dies Natalis Unila.

Para peserta juga, kata Albet, bisa melihat dari dekat seperti apa Universitas Lampung, terutama yang berasal dari luar Bandarlampung. “Mungkin ada beberapa peserta dari daerah yang belum mengetahui dan jauh dari Bandarlampung,” paparnya.

Hal ini juga sebagai cerminan dari prestasi siswa bidang IPS yang cukup merata dan tidak hanya terpusat di Kota Bandarlampung saja. Ia mencontohkan juara pada gelaran dari event LCT IPS di tahun 2017.

“Seperti gambaran tahun kemarin juara di bidang IPS, pemenangnya tersebar dari beberapa kab/kota. Juara 1 dari Bandarlampung, juara 2 dari SMA N 1 Kalirejo Lampung Tengah, juara 3 dari SMA Kebangsaan Lampung Selatan, juara  4 dari SMA Kristen 1 Metro," ucapnya.

105 Tim Ikuti LCT Bidang IPS Tingkat SMA Sederajat di Universitas Lampung


Berbeda dengan LCT IPA yang masih di dominasi oleh siswa dan siswi dari Bandarlampung. "Kalau melihat LCT IPA itu masih didominasi oleh siswa siswi dari Bandar Lampung,” kata Albet.

Baca Juga: Lagi, SMA Al-Kautsar Bandar Lampung Juarai LCT IPS Dies Natalis Universitas Lampung

Sementara itu, Samsya perwakilan dari MAN 1 Tanggamus menyampaikan, dirinya mengikuti lomba ini untuk mencari pengalaman. "Saya juga ingin mengikuti acara ini karena saya ingin masuk Unila dengan jalur SMNPTN. Kami dari MAN 1 Tanggamus mengirim 2 grup yang bejumlah 6 orang," Jelas Samsya.(cholik)
Diberdayakan oleh Blogger.